Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Berapa Kali Seharusnya Buang Air Kecil dalam Sehari?

Selasa, 27 November 2012


Beser atau ketidakmampuan seseorang menahan buang air kecil, biasanya sering dialami kebanyakan orang. Namun tahukah Anda, berapa kali normalnya seseorang buang air kecil dalam sehari?

"Rata-rata orang buang air kecil setiap dua hingga empat jam sekali atau sekitar 6-7 kali dalam sehari," kata Dr. Gloria Katz, ahli penyakit dalam di Amerika.

Memang benar, intensitas buang air kecil setiap orang berbeda-beda, tergantung pada seberapa banyak cairan dan jenis minuman yang Anda minum setiap hari. Namun, seberapa sehat dan aktif Anda turut mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Jika Anda terlalu sering buang air kecil atau tidak mampu menahan keinginan ke belakang, mungkin ada sebuah kondisi medis dalam tubuh, seperti pembesaran prostat atau kandung kemih terlalu aktif.

Anda juga harus mewaspadai, jika jarang buang air kecil. Hal ini cukup membahayakan kesehatan Anda. Tubuh harus membuang air kecil setidaknya satu liter air setiap hari, guna memastikan ginjal dapat bekerja dengan baik. Akhirnya, Anda berisiko mengalami penyakit ginjal.

Persoalannya, apa yang menyebabkan keinginan untuk buang air kecil menjadi tidak terkontrol?
1. Water Consumption Freak
Terlalu sadar akan pentingnya hidup sehat dan baiknya manfaat air putih membuat Anda terlalu banyak mengkonsumsi air putih. Apalagi jika Anda sedang menjalankan program diet, maka air putih tak bisa terlepas dari kehidupan Anda. Tak ada yang salah dengan kondisi ini, namun Anda harus bisa menerima konsekuensinya, yaitu beser.

2. Zat diuretic
Akibat mengkonsumsi kopi dan teh. Sebab kedua jenis minuman ini mengandung yang mengandung zat ini. Dampaknya Anda akan menjadi sering buang air kecil. Tidak hanya pada kopi dan teh saja tetapi juga di minuman berakohol dan bersoda.

3. Olahraga
Berolahraga membuat Anda banyak bergerak dan melompat, akibatnya kandung kemih di dalam tubuh jadi tertekan sehingga urine terdorong keluar. Ditambah lagi frekuensi mengkonsumsi air minum yang meningkat untuk menghindari dehidrasi yang juga memicu Anda untuk sering buang air kecil.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
1. Menahan Buang Kecil Beberapa Saat
Coba tarik napas dalam-dalam dan buat tubuh Anda sesantai mungkin. Tahan keinginan untuk pipis sekitar 30 menit. Lakukan selama seminggu. Tujuannya untuk melatih organ kandung kemih Anda. Tapi jangan lebih dari waktu yang ditentukan karena bisa merusak kandung kemih.

2. Lakukan Senam Kegel
Senam ini baik sekali untuk mengecangkan otot sekitar vagina agar otot-otot ureter terlatih dengan baik. Dijamin urin akan keluar dengan lancar karena perut bagian bawah menekan kandung kemih.

3. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman
Kurangi minuman yang tidak terlalu perlu seperti minuman isotonic atau minum kopi 2 kali sehari. Asal Anda tahu air yang masuk ke dalam tubuh akan diproses selama 90 menit lalu dikeluarkan kembali dalam bentuk urine dan keringat.

4. Stop Makan dan Minum 2 Jam Sebelum Tidur
Bila Anda sering terbangun tengah malam 2-3 kali untuk pipis, ini dikarenakan kebiasaan minum sebelum tidur. (gbc)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus