Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Berkat Konsep Smart City, Bupati HM Harris Diganjar Penghargaan Nasional

Senin, 20 November 2017

Bupati HM Harris bersama sejumlah kepala daerah menerima penghargaan atas konsep smart city yang dil

PELALAWAN-Konsep Kota Cerdas atau Smart City yang diterapkan di Kabupaten Pelalawan, Riau sudah dicanangkan sejak awal 2017. Ada enam elemen yang dipersiapkan dalam mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan HM Harris dan Zardewan tersebut menuju Pelalawan emas. 

Keenam elemen dimaksud mencakup segala lini, mulai peningkatan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat sampai sendi perekonomian. Tentu hal ini tidak mudah, karena membutuhkan perencanaan matang dan sumber daya manusia mumpuni agar konsep kota cerdas di Pelalawan bisa terealisasi.
 
Adapun enam elemen yang digadang-gadang menjadi program unggulan Smart City oleh Bupati adalah Smart Governance, Smart Branding, Smart economy, Smart Living , Smart Society dan Smart Environment. Setelah melakukan upaya optimal ternyata kerja keras Bupati Pelalawan dalam mewujudkan konsep smart city terbayar lunas. Di penghujung program gerakan 100 smart city, Bupati HM Harris memperoleh penghargaan gerakan 100 Smart City yang diserahkan di Jakarta.

 
Bupati HM Harris menandatangani kerjasama smart city, beberapa waktu lalu. (Foto:Istimewa) 
 
Bupati diWakili Wabup Zardewan mempresentasikan kemudian pencapaian program Smart City Kabupaten Pelalawan dihadapan sejumlah Menteri yang hadir dalam seminar seperti ‎Mendagri, Menteri Kominfo, Menteri PUPR, Menteri Bappenas dan staff kepresidenan. 
 
"Jadi pada acara seminar gerakan menuju Smart City, Rabu 15 November lalu ada dua acara. Pukul 08.00 Wib sampai 17.00 Wib dilakukan seminar. Sementara mulai pukul 19.00 Wib sampai 21.30 Wib malam penghargaan yang diberikan kepada 25 Kabupaten kota yang memulai gerakan menuju 100 Smart City tahap 1," ujarnya.  

Dikatakan, jadwal persentase Kabupaten Pelalawan masuk pada sesi tiga, yakni pukul 13.00 Wib sampai pukul 14.00 Wib bersama Samarinda, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Banyuasin. 

"Kegiatan ini tentukan langkah baik bagi Kabupaten Pelalawan menuju Smart City atau kota cerdas‎ yang diperuntukkan pelayanan publik yang lebih baik dan kemudahan pejabat dalam pembangunan daerah di segala bidang," tukasnya. 
 
Bupati HM Harris menerima penghargaan atas konsep smart city yang dilaksanakan. (Foto:Istimewa) 
 
Membangun Teknopolitan
Sementara itu, Komitmen Bupati dalam memajukan Pelalawan memang bukan isapan jepol semata. Ini dibuktikan dengan berdirinya kawasan teknopolitan di Pelalawan dan peningkatan sektor ekonomi masyarakat dengan dukungan infrastruktur. 

Kadis Kominfo Pelalawan Fakhrizal menuturkan, gerakan menuju 100 smart city yang sudah terealisasi dengan baik di Pelalawan menjadi dukungan bagi pembangunan teknopolitan. 

"Dalam mendukung program smart city ini kita sudah melakukan konsolidasi dengan pihak terkait, termasuk perbankan. Dalam hal ini, Pemkab Pelalawan bekerjasama untuk pendistribusian mesin Electronic Data Capture (EDC) ke kecamatan terluar di Pelalawan. Tentu tidak akan sampai disitu saja, peningkatan mobilisasi penunjang seperti dermaga terus ditingkatkan agar dalam merealisasikan konsep smart city tidak terkendala masalah transportasi," tukasnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus