Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Bersama PPTK dan Konsultan Pengawas, Kejari Pekanbaru Cek Fisik Embung Tenayan Raya

Jumat, 05 Oktober 2018

Bagian dari embung mulai retak. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru melakukan cek fisik pembangunan embung di kawasan perkantoran Walikota Pekanbaru yang berlokasi di Tenayan Raya. Pengecekan merupakan tindaklanjut penyelidikan atau pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) atas dugaan tindak pidana korupsi pembangunan embung yang diduga tidak sesuai spesifikasi.

Kajari Pekanbaru melalui tim Pidana Khusus (Pidsus) bersama konsultan pengawas dan Pejabat Pembuat Teknis Kegiatan (PPTK) proyek meninjau pembangunan embung tersebut.

Sebagai informasi, anggaran pembangunan embung tersebut bersumber dari Anggaran Pembangunan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2016 dengan pagu anggaran sebesar Rp 8,138 miliar.

Belakangan diketahui, proyek tersebut kembali dikerjakan tahun 2017 dengan nama Pembangunan Embung di Kawasan Perkantoran Kota Pekanbaru (Lanjutan).‎

Kepala Seksi Pidsus Kejari Pekanbaru Sri Odit Megonondo menyebut, pihaknya telah melakukan pengecekan fisik embung tersebut. "Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, tentu kita harus melakukan pengecekan ke lokasi," tuturnya, Kamis (4/10/2018).

Kondisi embung diketahui telah mengalami kerusakan pada bagian tiang (sheet pile). Bendungan juga terlihat retak pada bagian bawahnya. Keberadaan embung diketahui di kawasan perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Penyelidik Kejari didampingi dua orang konsultan pengawas dan PPK Danau Situ dan Embung Kementerian Dirjen SDA BWSS III Riau Dede Irwan. "Terkait hasilnya, belum bisa kita sampaikan, masih tahap Pulbaket," tukasnya.

Dijelaskan, proses berikutnya adalah penyelidik akan memanggil sejumlah pihak untuk dimintai keterangan dan klarifikasi.

Sementara itu, untuk pembangunan embung telah disiapkan lahan seluas 60 hektare, namun yang baru dikerjakan seluas 5 hektare. Dalam lahan lima hektare inilah sekarang sudah berdiri embung yang fisiknya tengah diselidiki Kejari Pekanbaru. (*)








Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus