Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Bertahun-tahun Tak Tersentuh, Lewat DMIJ Kini Desa Singai Raya Inhil Bersolek

Kamis, 29 Desember 2016

Jembatan lintas Desa Sungai Raya-Jalan Syuhada, Tembilahan. (Foto:Istimewa)

SUNGAI RAYA-Bagi masyarakat pedesaan, tentu sangat membutuhkan perhatian besar pemerintah. Apalagi untuk desa-desa yang secara geografis jauh dari pusat pemerintahan, tentunya akan lambat tersentuh pembangunan. Desa tersebut tentu akan kurang memperoleh perhatian, bahkan cenderung terabaikan.

Sementara pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, perbaikan sekolah, tempat ibadah dan lainnya merupakan sesuatu yang sangat didambakan masyarakat. Namun apa jadinya, bila perhatian pemerintah yang sangat minim.

Kondisi itulah yang dialami Desa Sungai Raya selama ini. Sebagai salah satu desa yang berada di Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, selama bertahun-tahun tak tersentuh pembangunan.

Beruntung, sejak tiga tahun terakhir desa ini mulai memperoleh bantuan dana untuk pembangunan. Melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang diluncurkan Pemkab Inhil, ditambah bantuan dana Pemerintah Pusat, Desa Sungai Raya mulai kini mulai 'bersolek'. Salah satu prioritas pembangunannya adalah jembatan.

Pembangunan jembatan penghubung Desa Sungai Raya-Jalan Syuhada Tembilahan, kini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bagaimana tidak, dari desa tersebut menuju Tembilahan kini hanya membutuhkan waktu lebih kurang satu jam saja.

Padahal, sebelum adanya jembatan tersebut, masyarakat harus melakukan perjalanan berjam-jam untuk mencapai Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir tersebut. Jembatan tersebut kini juga memudahkan akses masyarakat menuju ke desa-desa lainnya. "Mau kemana-mana gampang, tidak perlu satu jam sudah sampai di Tembilahan," kata Pjs Kades Sungai Raya, Pansah kepada fokusriau.com, kemarin.

Jembatan tersebut dibangun dengan ukuran 84 x 4,5 meter menggunakan dana dari program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dari Pemkab Inhil, ditambah bantuan dana desa dari Pemerintah Pusat. Dengan dana yang sangat besar itu, Pemerintah Desa Sungai Raya juga sudah menyelesaikan beberapa kegiatan pembangunan. Mulai pembangunan jalan rabat beton di beberapa titik hingga membangun Gedung PAUD. 

Diharapkan program DMIJ dari Pemkab Inhil ditambah dana desa dari Pemerintah Pusat ini terus berlanjut. "Kami masih memiliki banyak program pembangunan desa ke depan. Mudah-mudahan DMIJ ini tetap terus dilanjutkan Pak Bupati Wardan," kata Pansah. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus