Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Biayai Ratusan Kegiatan, Dinas PU Alokasikan Rp171 Miliar

Kamis, 02 Mei 2013


DUMAI-Pemerintah Kota Dumai terus berusaha mempercepat pembangunan fisik barang dan jasa tahun anggaran 2013. Dalam waktu dekat, pengumuman lelang pekerjaan akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum melalui layanan pelelangan sistem elektronik (LPSE) dan diharapkan pembangunannya sudah bisa dimulai bulan depan.
 
Untuk mendukung pemerataan kegiatan pembangunan, Dinas Pekerjaan Umum sudah mengalokasikan dana sekitar Rp171 miliar yang akan digunakan untuk pembiayaan ratusan paket pekerjaan, meliputi infrastruktur daerah, gedung sekolah, drainase dan sejumlah pekerjaan lainnya.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dumai, Joni Amdani mengatakan, untuk menggesa pelaksanaan pengumuman paket lelang barang dan jasa, Pemko Dumai baru memasuki tahap penyelesaian administrasi dan dokumen pelelangan. “Dikebutnya pengumuman lelang proyek karena tahun anggaran berjalan sudah memasuki bulan Mei. Karena itu, prosesnya harus dipercepat afar pembangunannya bisa lebih optimal,” kata Joni, Rabu (1/5) di Dumai.
 
Dikatakan, kegiatan pembangunan yang direncanakan tahun ini untuk peningkatan ruas jalan utama perkotaan dan lingkungan masyarakat serta pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kecamatan Medang Kampai dan Sungai Sembilan.
 
“Prioritas kegiatan fisik antara lain, pembukaan badan jalan di beberapa jalan lingkungan masyarakat, pengadaan air bersih di rumah warga dan pembenahan saluran drainase untuk mengatasi genangan air di perkotaan,” paparnya.
 
Dilanjutkan, pelelangan proyek fisik yang dipercepat akan diumumkan pemerintah melalui layanan pelelangan sistem elektronik (LPSE). Karena itu, pihaknya terus menggesa persiapan administrasi dan dokumen kegiatan. “Alokasi anggaran tahun ini tidak hanya terpusat di perkotaan, sebab dalam rangka pemerataan pembangunan, kegiatan pembangunan juga akan ditempatkan di beberapa kecamatan pinggiran dalam bentuk kegiatan infrastruktur jalan dan pengadaan air bersih,” tukasnya.
 
Sedangkan untuk kegiatan pembangunan fisik di wilayah pinggiran, menurut Joni, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran Rp32 miliar untuk pembukaan badan jalan, penimbunan base dan peningkatan infrastruktur sejumlah jalan lingkungan masyarakat dan sekolah. Proyek fisik yang dianggarkan adalah penimbunan dan base jalan penghubung antar Kelurahan Basilam Baru-Bulu Ala di Kecamatan Sungai Sembilan sepanjang 7 kilometer, peningkatan infrastruktur Jalan Mohd Soleh di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan sepanjang 6 kilometer.
 
Menurutnya, Dinas Pekerjaan Umum akan mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah dengan peningkatan ruas jalan menuju SMA Negeri 5 di Kecamatan Medang Kampai dan melanjutkan peningkatan jalan di Kelurahan Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur. “Pembangunan di kawasan pinggiran termasuk program prioritas anggaran fisik pemerintah dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah,” ujarnya.
 
Fokus pembangunan yang diharapkan pemerintah adalah pemerataan dan menyentuh seluruh wilayah serta jauh dari pusat kota. “Kegiatan yang sudah selesai administrasi dan dokumen pelelangannya akan segera diumumkan tendernya sesuai rencana program kerja yang dihimpun dari aspirasi warga dan prioritas pemerintah,” tandasnya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus