Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Bila Anggaran Perbaikan Kebun Kelapa Rp4 Miliar, Wakil Ketua Komisi II Ancam WO di Paripurna

Kamis, 14 September 2017

Wakil Ketua Komisi II DPRD Inhil Edi Gunawan. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HILIR-Wakil Ketua Komisi II DPRD Inhil Edi Gunawan berencana untuk keluar atau walk out (WO) dari sidang paripurna bila anggaran sebesar Rp4 miliar, untuk perbaikan kerusakan kebun kelapa petani tahun 2018 tetap disahkan.
 
Anggota Badan Anggaran DPRD Inhil tersebut tidak percaya, bila Pemkab Inhil hanya menganggarkan Rp 4 miliar untuk petani kelapa. Apa yang direncanakan Pemkab Inhil adalah sebuah kesalahan fatal, karena pemkab keluar dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah disepakati.
 
Padahal dalam RPJMD sebelumnya sudah disepakati, anggaran untuk penyelamatan perkebunan kelapa berada pada kisaran angka Rp20 miliar sampai 30 miliar. "Kalau hanya Rp 4 miliar untuk penyelamatan kebun kelapa yang rusak, sungguh tidak mencerminkan Negeri Hamparan Kelapa Dunia," kata Edi Gunawan, beberapa waktu lalu kepada wartawan. 
 
Kesalahan fatal tersebut terjadi karena Pemkab Inhil sudah merubah RPJMD yang sudah disepakati sebelumnya. "Kenapa coba RPJMD itu dirubah, padahal tidak ada amanat perundang-undangannya," tanyanya. 
 
Jika boleh dipersentasekan, perubahan itu hanya 50 persen. Bila lebih dari itu, itu namanya bukan lagi perubahan atau revisi tapi pergantian Perda. "Okelah bila ada alasannya, tapi apakah memang sudah benar. Apakah tahun 2018 penyelamatan kebun kelapa tidak diperlukan lagi, padahal hasil reses terbaru kita, permasalahan utama yang disampaikan masyarakat adalah kerusakan kebun," lanjutnya.
 
Edi meminta kepada Pemkab Inhil memberikan alasan yang jelas mengenai kebijakan penganggaran Rp 4 miliar itu. "Jika memang misalnya disebutkan karena regulasi, maka penganggaran memang hanya bisa Rp4 miliar dengan alasan kita nanti akan dibantu pusat Rp1 triliun," tukasnya. (adv/parlemen)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus