Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Bila Ingin Turunkan Berat Badan, Jangan Hanya Andalkan Minum Teh Hitam

Selasa, 23 Juni 2020

Ilustrasi teh. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Sejak dahulu kala, teh sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebut saja, teh mempunyai kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol bisa membantu mencegah oksidasi.

Tak hanya itu, minum teh dapat membantu menurunkam berat badan Anda. Satu penelitian tahun 2014 menemukan bahwa konsumsi teh, khususnya teh hitam tiga kali sehari selama periode tiga bulan, bisa membantu menurunkan berat badan seseorang.

Terutama bila dibandingkan dengan minum jenis minuman lain. Hanya saja, hasil penelitian itu tak bertahan. Sebab, enam bulan kemudian ditemukan manfaatnya tidak bertahan dan tak memberikan perbedaan lagi.

Namun, penelitian lain yang dilaksanakan beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2017 menunjukkan teh hitam dapat menurunkan berat badan tikus.  

Seperti dilansir Medical Daily, peneliti yang berasal dari UCLA menyatakan, untuk meraih manfaatnya, orang harus minum enam cangkir teh hitam sehari. Kendati demikian, jumlah tersebut tidak layak lagi lantaran adanya kandungan kafeinnya.

Cuma Bagian Pola Makan Sehat
Penelitian sebelumnya, teh hijau yang juga mengandung polifenol menawarkan kesehatan lebih efektif daripada polifenol dalam teh hitam. Hal ini karena bahan kimia pada teh hijau diserap ke dalam darah dan jaringan tubuh.

“Namun, temuan baru kami menunjukkan, teh hitam yang diteliti melalui mekanisme mikrobioma usus juga bermanfaat efektif terhadap kesehatan. Ini bisa berefek penurunan berat badan pada manusia," kata peneliti Susanne Henning, Profesor di University of California-Los Angeles (UCLA ), Amerika Serikat.

Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh hitam tidak boleh hanya untuk fokus menurunkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda harus menjadikannya sebagai bagian dari pola makan sehat ketika sedang berusaha menurunkan berat badan. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus