Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

BPK Temukan Jutaan Hektare Lahan Sawit Bermasalah, Termasuk di Riau

Jumat, 23 Agustus 2019

Ilustrasi lahan sawit. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyelesaikan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) atar perizinan, sertifikasi dan implementasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan serta kesesuaiannya dengan kebijakan dan ketentuan internasional.

Dalam pemeriksaan, BPK menemukan masih ada jutaan hektare lahan sawit bermasalah. Namun, anggota IV BPK Rizal Djalil tak merinci dengan detail luas perkebunan yang bermasalah.

"Yang kami lihat itu mulai dari Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatwra Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Kamu lihat semua ada di situ dan semua pemain besar," ujar Rizal, Jumat (23/8/2019).

Rizal menyebut, berbagai permasalahan yang ditemukan BPK terkait belum ada hak guna usaha, perusahaan yang belum membangun lahan plasma, masih ada lahan perkebunan yang tumpang tindih dengan pertambangan, ada perusahaan yang menjalankan perkebunan di atas hutan konservasi, hutan lindung hingga taman nasional.

Dikatakan, BPK sudah membuat rekomendasi terkait masalah ini dan sudah menyerahkannya pada pemerintah. Dia mengusulkan supaya pemerintah turut melibatkan Kapolri dan Kejaksaan Agung karena ada undang-undang yang dilanggar.

Bila masalah ini ditindaklanjuti, Rizal berharap penerimaan negara tetap terjamin dan tak memunculkan masalah lain ke depan. "Kalau pengusaha itu sudah mengikuti semua ketentuan, jangan lagi nanti ada persoalan lain di belakang," katanya. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kontan.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus