Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

BPOM Riau Sosialisasi Kesehatan Makanan Sekolah

Kamis, 23 Mei 2013


PASIR PENGARAYAN-Sebanyak 35 orang guru, penjaga sekolah dan pemilik kantin, Kamis (23/5) mengikuti sosialisasi bahaya makanan dan minuman yang mengandung zat kimia dan sering terdapat pada jajanan sekolah. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Rokan Hulu.

Pada kesempatan itu, Badan POM Riau menganjurkan kepada para pedagang untuk memiliki sertifikat penjual makanan, agar lebih terjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dijualnya tersebut. Karena sesuai kebijakan Badan POM RI, setiap para pedagang makanan dan minuman di lingkungan sekolah harus memiliki sertifikat penjual hal ini, agar pelajar tidak mengkomsumsi makanan yang mengandung bahan kimia dan pengawet seperti formalin dan borak.

Kepala Bidang Sertivikasi dan Layanan Konsumen Badan POM Riau, Ibrahim kepada wartawan mengatakan, untuk menjaga kebersihan terhadap makanan dan minuman yang akan di jual kepada para siswa, akan dibuat sertifikat penjual yang dilakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

"Sosialisasi untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman akan bahaya zat makanan yang mengandung zat kimia bagi kesehatan masyarakat," ujarnya.

Diterangkan, sebelumnya tim BPOM Riau juga sudah turun ke lapangan atau kantin sekolah dan mengambil sampel aneka makanan yang dijual untuk dicek sejauh mana kadar kimia atau zat pewarna dari beberapa makanan dan minuman tersebut. Dari hasil uji labor yang telah dilakukan, ternyata beberapa makanan dan minuman yang dijual di beberap sekolah masih termasuk aman untuk dikonsumsi.

"Dari beberapa sampel yang dibawa dari kantin beberapa sekolah di Rokan Hulu diketahui kalau aneka makanan yang dijual termasuk aman untuk dikonsumsi," tukasnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus