Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Bupati Hadiri Wirid Rutin Tariqat Naksabandiyah di Kunto

Rabu, 20 Februari 2013


PASIR PENGARAYAN-Sebanyak 300 orang mursyid dari beberapa surau Suluk di Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (20/2) menghadiri wirid rutin Tariqat Naksabandiyah yang berlangsung di Surau Suluk Ubudiyah, Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam.

Wirid tersebut juga dihadiri Bupati Rokan Hulu, H Achmad bersama anggota DPRD Rokan Hulu, Syafdianto camat dan sejumlah tokoh masyarakat Kunto Darussalam serta jamaah surau suluk.

Ketua panitia pelaksana yang juga koordinator surau suluk Kunto Darussalam, H Roy mengatakan, surau suluk Ubudiyah sudah berdiri sejak tahun 1941 oleh KH. Yakin dan sampai sekarang kegiatan tarekat suluk tetap berlangsung. Menurutnya, banyak para jamaah asal Kunto dan dari luar yang juga ikut melakukan suluk di Surau Ubudiyah tersebut. "Meskipun sudah lama berdiri, namun kegiatan tariqat dan suluk di surau Ubudiyah ini terus berlangsung rutin," kata H Roy.

Sementara H Achmad dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa persaudaraan, kekompakan antara sesama jamaah dan masyarakat. Menurutnya, semua program kegiatan di madrasah suluk atau surau untuk kegiatan 2014 dapat diusulkan ke pemerintah kabupaten paling lambat Maret nanti. "Terhadap bantuan yang sudah diberikan pemerintah, diharapkan dapat dibuatkan laporannya dengan baik," kata Achmad.

Dikatakan, komitmen pemerintah terhadap pembangunan surau suluk sangat tinggi. Bahkan sekarang sudah ada tiga surau suluk yang dibangun dan 100 persen menggunakan dana APBD Rokan Hulu. Ditargetkan, setiap kecamatan akan dibangun satu surau suluk yang reprsentatif. Tujuannya, kata Achma, agar jamaah yang sedang melaksanakan ibadah bisa kusuk dan nyaman.

"Mari jadikan surau suluk sebagai simbol perkembangan Tarekat Naqsabandiah di Rokan Hulu yang dijuluki Negeri Seribu Suluk. Sebagai komitmen pemerintah terhadap perkembangan Surau Suluk di Rokan Hulu, kita sudah buatkan tiga surau suluk di tiga Kecamatan dengan menggunakan dana APBD Rokan Hulu," ujar Achmad. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus