Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pelalawan

Bupati HM Harris Hadiri FGD Strategi dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi

Kamis, 10 Oktober 2019

Bupati bersama wagub dan peserta FGD. (Foto:Istimewa)

PELALAWAN-Wakil Gubernur Edy Natar Nasution membuka Forum Group Discussion (FGD) Strategi dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi di Provinsi Riau, Kamis (10/10/2019) di Aula Bappeda Pemkab Pelalawan. 

FGD dihadiri Bupati HM Harris, Wakil Bupati Zardewan MM, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan M.Eng, Sekretaris Daerah Pelalawan Tengku Mukhlis, Wakil Bupati Inhil Syamsuddin Uti, Dirut Industri Kelapa Sawit, Kepala Disbunnak Pelalawan, Kepala OPD, perwakilan sejumlah perusahaan. 

Bupati HM Harris menyampaikan terima kasih kepada Wakil Gubernur yang sudah membuka FGD. Program integrasi pengembangan sapi di lahan sawit sangat bermanfaat dalam meningkatkan pasokan kebutuhan daging sapi di Riau dan Indonesia umumnya.

"Selama ini untuk memenuhi kebutuhan daging sapi, Indonesia masih mengimpor daging sapi dari luar negeri. Semoga ke depan hal itu tidak akan terjadi lagi," tuturnya.

Bupati berharap bisa mengembangkan potensi peternakan sapi asal Australia di Pelalawan. Dia juga meminta perusahaan di Pelalawan menjalankan peranan CSR dalam memberikan dukungan terhadap integrasi sawit sapi bagi peternak sapi di Pelalawan. 

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan M.Eng menyampaikan, program integrasi sawit sapi membutuhkan komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah untuk memperlancar kegiatannya. 

Melalui program integrasi sawit sapi ini, keterbatasan lahan dalam menggembalakan sapi yang menjadi permasalahan utama bagi peternak sapi pada saat ini dapat diatasi. Program ini dapat memangkas biaya pakan ternak bagi peternak hingga 30 persen, karena berasal dari limbah sawit, seperti pelepah dan batang sawit. 

Program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Semoga dengan adanya kelompok peternak sapi yang telah menjalankan program integrasi sawit sapi agar menjadi percontohan bagi peternak sapi yang lain. Kami BPPT siap menuntun dan mengawal jika daerah-daerah lain ingin menjalankan program integrasi sawit sapi ini di derahnya,” ungkap Dr. Ir. Soni 

Wakil Gubernur Edy Natar menyampaikan dukungannya untuk program integrasi sawit sapi. Karena banyak manfaat yang didapatkan bila peternak sapi dan pemiik perkebunan sawit dapat menjalankan program ini. (*)



Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus