Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Inhil

Bupati HM Wardan Apresiasi MTQ Lembaga Dakwah Pedesaan dan Forum RT/RW Sungai Beringin

Rabu, 11 Oktober 2017

Bupati HM Wardan memberikan sambutan. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HILIR-Bupati HM Wardan menyampaikan kebanggaannya atas penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diselenggarakan Lembaga Dakwah Pedesaan bekerjasama dengan forum RT/RW Kelurahan Sungai Beringin. Ini merupakan tindak lanjut dari program maghrib mengaji.

Menurut Bupati, MTQ tersebut merupakan kesadaran masyarakat Kelurahan Sungai Beringin dan sesuatu yang unik, mengingat kegiatan serupa belum pernah dilakukan di Inhil. Kegiatan ini dijadikan sebagai instrumen untuk menindaklanjuti program prioritas perdana Pemkab Inhil, yakni Maghrib Mengaji.

Bupati mengharapkan, setiap wilayah dapat mengambil langkah yang sama untuk menindaklanjuti program pemkab seperti yang dilakukan di Sungai Beringin dengan tujuan memberikan motivasi dan memasyarakatkan kebiasaan membaca ayat suci al quran.

"Tentunya, harapan saya langkah baik yang sudah dilaksanakan agar diikuti lembaga atau organisasi desa dan kelurahan lain dengan tujuan untuk memotivasi dan memasyarakatkan kebiasaan membaca al quran. Sehingga dapat lebih aktif dan giat dalam membaca al quran," minta HM Wardan.

Bupati menuturkan, tahun 2013 setelah mendapat kepercayaan masyarakat untuk memimpin 'Negeri Seribu Parit', dirinya segera melanjutkan kembali program maghrib mengaji yang semula telah digagas atau dicetuskan Gubernur terdahulu HM Rusli Zainal.

Sebagai langkah antisipatif atas kemungkinan stagnansi program, dia bersama DPRD Inhil bersepakat mengalokasikan dana dalam anggaran DMIJ guna memberikan insentif bagi para tenaga pengajar di setiap desa di Inhil. "Setahap demi setahap, setelah dievaluasi masjid dan mushalla, ternyata kebanyakan sudah dapat melaksanakan program maghrib mengaji. Efektifitas pelaksanaan program maghrib mengaji lebih terasa dengan ditambah dukungan para kyai," kata bupati.

Untuk menyalurkan pendidikan mengaji yang telah diprogramkan dalam program maghrib mengaji, Pemkab Inhil kembali menginisiasi sebuah kegiatan yang dipandang mampu untuk menjadi sarana evaluasi yang lebuh berkualifikasi melalui penyelenggaraan MTQ, mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten.

"Saat ini lebih separuh dari 236 desa/kelurahan di Inhil telah menyelenggarakan MTQ. Begitu juga dengan kecamatan. Mari kita hidupkan MTQ," tukas Bupati sembari menyampaikan MTQ tingkat Kabupaten Inhil akan digelar pada 4 November mendatang di Pulau Kijang, Kecamatan Reteh. (adv/diskominfo)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus