Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

Bupati HM Wardan Serahkan Remisi 250 Napi dan Hadiri Resepsi HUT Kemerdekaan

Sabtu, 18 Agustus 2018

Bupati HM Wardan memberikan sambutan. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HILIR-Bupati HM Wardan didampingi Kepala Lapas Klas II A Tembilahan Sudirwan menyerahkan secara simbolis remisi atau pengurangan hukuman kepada 250 napi setempat. 

Setelah memperoleh remisi, tiga napi dinyatakan bebas, Jumat (17/8/2018) siang. Usai menyerahkan remisi, Bupati HM Wardan membacakan sambutan MenkumHAM Yasonna Laoly mengatakan, pemberian remisi merupakan apresiasi terhadap napi yang telah mengikuti pembinaan dengan baik. "Remisi merupakan hak warga binaan. Ini adalah sarana hukum yang penting," ujarnya.

Selain itu, remisi merupakan bentuk pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari selama menjalani masa hukuman. Tolak ukur pencapaian perbaikan diri tersebut tidak didasarkan pada bentuk pelanggaran hukum yang dilakukan, tapi lebih kepada perilaku warga binaan.

"Remisi merupakan instrumen yang penting guna memberikan stimulus bagi warga binaan agar berkelakuan baik. Remisi juga sebagaibalat modifikasi diri warga binaan," kata HM Wardan.

Pengajuan remisi, dilakukan melalui mekanisne yang transparan dengan menggunakan teknologi informasi yang sistematis. "Pemberian remisi adalah terobosan yang berani untuk permasalahan yang hampur laten terjadi di lingkunggan Lapas," tukasnya.

Penyerahan remisi kepada para warga binaan turut pula dihadiri Ketua DPRD Dani M Nursalam, Sekretaris Daerah Said Syarifuddin, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kejaksaan, Kodim 0314/Inhil dan Polres Inhil.

Setelah menyerahkan remisi dan memberikan sambutan, Bupati HM Wardan berkeliling di lingkungan Lapas untuk menyapa dan bersalaman, sekaligus berbincang ringan dengan sejumlah warga binaan. Bupati juga sempat bertanya kepada Kalapas Klas II A Tembilahan Sudirwan tentang kondisi dan kapasitas Lapas. 

Hadiri syukuran resepsi
Usai pemberian remisi, Bupati HM Wardan menghadiri malam resepsi syukuran HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Rumah Dinas Bupati, Jumat (17/8/2018) malam. 

Pada kesempatan itu, HM Wardan menyebut, perjuangan dan pengorbanan berbalut semangat nasionalisme dan patriotisme para pejuang sepatutnya dikenang dan dihargai. Caranya dengan mewujudkan cita-cita kemerdekaan itu sendiri.

Peringatan HUT Kemerdekaan menjadi momentum mempererat motivasi dalam pelaksanaan pembangunan dan memajukan Indonesia. "Tentunya upaya membangun dan memajukan Indonesia harus disertai dengan semangat nasionalisme dan patriotisme sebagaimana yang dipelajari dari para pahlawan terdahulu," urainya.

Pada malam resepsi digelar sejumlah rangkaian acara, termasuk pertunjukan kesenian dari sejumlah sanggar seni lokal. Bupati HM wardan juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pihak. (zamri)
 
 
Bupati HM Wardan menyerahkan remisi kepada napi Lapas Tembilahan. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com) 
 
 
Bupati HM Wardan berdialog dengan napi penghuni Lapas Tembilahan. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com) 
 
 
Bupati HM Wardan menyerahkan penghargaan dan bantuan sebesar Rp10 juta. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com) 
 
 
Bupati HM Wardan menyerahkan penghargaan kepada perempuan berprestasi. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com) 
 
 
Bupati HM Wardan menyerahkan penghargaan. (Foto:Diskominfo/FokusRiau.Com) 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus