Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Bupati Solok Selatan Belajar Program Keagamaan ke Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

Selasa, 17 September 2019

Bupati Sukiman (kiri) menyerahkan cenderamata ke Bupati Muzni. (Foto:Humas)

ROKAN HULU-Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2015 telah menetapkan Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian (ICP), Kabupaten Rohul sebagai masjid percontohan nasional. Dampaknya, puluhan ribu orang dari berbagai daerah mendatangi Masjid Agung ICP yang kini menjadi ikon Rokan Hulu.

Minggu sampai Senin (15-16/9/2019) kemarin, Bupati Solok Selatan, Sumbar H. Muzni Zakaria bersama puluhan pejabatnya dan 200 jamaah BKMT setempat mengunjungi Masjid Agung ICP. Rombongan menyempatkan diri salat Azhar, Maghrib dan Isya berjamaah di masjid termegah di Pasirpangaraian tersebut.

Selain itu, Bupati Solok Selatan dan rombongan juga bersilaturrahmi dengan Bupati Sukiman di rumah dinas bupati. Rombongan kemudian dijamu dengan makan malam. Bupati Sukiman mengucapkan selamat datang kepada Bupati Muzni Zakaria dan rombongan di Negeri Seribu Suluk.

Sukiman mengaku, kunjungan Bupati Muzni ke Rokan Hulu sebagai kehormatan bagi dirinya dan Pemkab Rokan Hulu. Karena selain mengunjungi masjid agung dan meninjau kawasan Islamic Centre, Bupati Muzni juga menyempatkan diri melihat program keagamaan di masjid agung.

Bupati Sukiman juga menceritakan singkat sejarah terbentuknya Rokan Hulu hingga sejarah terbangunnya Masjid Agung Islamic Center dan program keagamaan yang dilaksanakan di masjid ini, seperti Maghrib Mengaji, Memakmurkan Masjid dan penetapan masjid raya di setiap kecamatan.

"Kunjungan pak Bupati Solok Selatan bersama pejabat dan BKMT ke daerah kami merupakan suatu kehormatan dan sebagai ajang silaturrahim antara Pemkab Solok Selatan dengan Pemkab Rokan Hulu serta sharing program pembangunan di daerah," kata Bupati Sukiman.

Saat meninjau dan berkeliling di kawasan Islamic Center, Muzni Zakaria menyempatkan diri‎ berkeliling di kompleks Perkantoran Bina Praja Pemkab Rokan Hulu didampingi Sekda Abdul Haris. Di sela kunjungannya, Muzni mengatakan, kunjungan ke Rokan Hulu selain silaturrahmi dengan Pemkab Rokan Hulu juga untuk melihat dari dekat kemegahan Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian yang dinilainya serasa berada di Masjid Nabawi Madinah.

Selain itu, menurut Muzni, program keagamaan yang telah diterapkan di Negeri Seribu Suluk, seperti sistem pengelolaan Masjid Agung Islamic Center dan SMPN Tahfiz serta Madrasah Aliyah Swasta Tahfiz Rokan Hulu perlu dicontoh.

"Kami ingin mencontoh dan sharing pelaksanaan program keagamaan yang telah dilaksanakan Pemkab Rohul. Sepulang dari Rohul, kami akan akan dirikan sekolah tahfiz dan menerapkan program keagamaan seperti di sini di Kabupaten Solok Selatan," tukasnya.

Sementara itu, kepulangan rombongan Bupati Muzni Zakaria dilepas Sekda Abdul Haris yang juga Ketua Umum Pengelola Masjid Agung usai salat Zuhur berjamaah, Senin (16/9/2019). Abdul Haris mengaku, kunjungan tersebut untuk berbagi pengalaman dan sharing program keagamaan yang telah diterapkan di Negeri Seribu Suluk. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus