Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Bupati Sukiman Lepas 446 JCH Rohul dari Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian‎

Sabtu, 20 Juli 2019

Bupati Sukiman menyalami JCH Rohul. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

ROKAN HULU-Bupati Sukiman melepas 446 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu menuju Embarkasi Antara Pekanbaru. Pelepasan berlangsung di Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian, Sabtu (20/7/2019).

Pelepasan JCH Rokan Hulu yang didampingi dua TPHD dan lima Petugas Kelompok Penerbangan (Kloter) juga dihadiri Kapolres AKBP M. Hasyim Risahondua, Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Syahrudin MSy, pejabat Pemkab Rohul dan camat.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Netty Herawati, sekira belasan ribu masyarakat yang mengantar kepergian anggota keluarganya menunaikan ibadah haji.

Kakan Kemenag Syahrudin mengatakan, awalnya JCH Rokan Hulu yang menunaikan ibadah haji ada 451 orang, namun tiga JCH menunda keberangkatan dengan alasan sakit, sedangkan 2 JCH lagi beralasan‎ sedang ada urusan.

Menurut Syahrudin, dari 446 JCH Rokan Hulu yang menunaikan ibadah hajir, 444 JCH tergabung di Kloter 18, sedangkan 2 JCH lagi tergabung di Kloter 20. Sebagian JCH yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2019 masih berusia muda sekira 28 tahun dan JCH berusia di atas 70 tahun.

"JCH termuda yang berangkat tahun ini berusia 28 tahun dan jemaah yang tertua berusia 82 tahun dari Kecamatan Tambusai Utara," ungkap Syahrudin.

Bupati Sukiman berpesan, JCH selalu menjaga kekompakan dan persatuan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Kekompakan dan persatuan diperlukan seluruh JCH, mengingat ada jutaan umat Muslim sedunia yang juga melaksanakan ibadah haji.

"Makanya kacu di leher jangan dilepas, sehingga saudara-saudara kita tahu bahwa kita sama-sama dari Rokan Hulu," imbaunya.

Selain itu, Sukiman berpesan agar JCH Rohul tetap menjaga kesehatan‎ dan pola makan selama di tanah suci. Karena membutuhkan fisik kuat dalam melaksanakan ibadah haji, belum lagi suhu udara di sana yang berbeda dengan daerah asal.

Sukiman‎ turut meminta JCH tidak belanja atau mencari oleh-oleh selama di tanah suci, namun lebih mementingkan ibadah, menyelesaikan seluruh rukun haji yang harus dikerjakan.

‎Dia berharap, JCH ikut mendoakan Kabupaten Rokan Hulu agar selalu damai, aman, nyaman dan tentram dan menjadi Negeri Seribu Suluk yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (negeri yang menjadi dambaan dan impian seluruh manusia). (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus