Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Cobalah 5 Minuman Berikut Sebagai Pengganti Kopi Pagi Hari, Tetap Bikin Segar

Selasa, 06 Agustus 2019

Teh Jahe (Foto:Prevention)

PEKANBARU-Kopi merupakan salah satu minuman yang kerap dipilih sebagian orang, untuk dikonsumsi di pagi hari. Bagi sebagian orang, minum kopi di pagi hari disebut bisa membantu seseorang benar-benar terbangun atau melek. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein di dalamnya. Kafein bersifat stimulan yang bekerja mempengaruhi kerja otak dan sistem saraf. Dalam jumlah kecil, kafein dapat menyebabkan seseorang lebih segar dan fokus. Sedangkan apabila ddikonsumsi dalam jumlah yang besar, kafein bisa menimbulkan perasaan gugup berlebihan hingga gangguan tidur.

Mengonsumsi kopi di pagi hari sebenarnya kurang tepat, karena ini berhubungan dengan produksi hormone korsitol yang cenderung tinggi saat pagi hari. Hormon kortisol ini berperan dalam respon stres dan kadar gula darah yang rendah.

Jika kamu mengonsumsi kafein saat hormon kortisol sedang tinggi, maka kafein dapat mempengaruhi produksi hormon tersebut. Sehingga, tubuh kamu akan memproduksi kortisol lebih sedikit dan menyebabkan tubuh menjadi cenderung mengandalkan kafein.

Nah, untuk mencegah kamu mengalami peningkatan batas toleransi kafein dan kecanduan kopi, kamu bisa menggantikannya dengan minuman yang lebih sehat lainnya di pagi hari. Ada beberapa minuman sehat pengganti kopi yang tetap bisa memberikan rasa segar dan fokus di pagi hari.

Berikut beberapa minuman sehat pengganti kopi yang bisa buat kamu tetap segar di pagi hari yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2019) pagi.

1. Teh Hijau
Selain kopi, teh juga merupakan sumber kafein. Namun jumlahnya tak sebanyak yang dimiliki pada kopi. Kafein pada teh tergantung pada jenis dan cara penyeduhan yang dilakukan. Salah satu teh yang bisa kamu konsumsi di pagi hari adalah teh hijau.

Pada teh hijau tidak memiliki kadar kafein setinggi kopi, namun teh sudah cukup membuat kamu merasa segar di pagi hari tanpa memberikan efek samping seperti yang terjadi jika mengonsumsi kopi.

Terdapat beberapa prinsip dasar saat kamu minum teh hijau. Bahwa teh jenis ini sangat tidak disarankan untuk diminum sebelum makan, karena dapat menghambat penyerapan nutrisi. Artinya, apa yang kamu makan tidak akan diserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini tentu bisa meningkatkan risiko kurang gizi hingga anemia defisiensi besi.

2. Teh Jahe
Selain teh hijau, ada alternatif lain minuman sehat pengganti kopi lainnya adalah teh jahe. Jahe yang memiliki rasa pedas akan memberikan kehangatan bagi tubuh saat meminumnya.

Minum teh jahe di pagi hari sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaanmu. Walaupun tak mengandung kafein, teh jahe tetap mampu memberikan rasa segar dan berenergi untuk memulai melakukan kativitas seharian.

3. Susu Kedelai
Selain teh hijau, kamu juga bisa memilih susu kedelai sebagai minuman sehat di pagi hari pengganti kopi. Pada susu kedelai sudah memiliki kandungan pemanis alami sehingga tetap lezat dikonsumsi tanpa adanya gula tambahan.

Susu kedelai ini juga cocok dikonsumsi bagi kamu yang alergi dengan susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa. Ya, kamu bisa menjadikan susu kedelai sebagai alternatif yang dapat dipertimbangkan. Untuk kadar nutrisi di dalamnya, susu kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin dan vitamin C.

4. Jus Sayuran
Sayur-sayuran juga bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk menggantikan kopi di pagi hari, dengan membuatnya menjadi jus. Jus sayuran tidak hanya lezat, namun minuman ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, selain memiliki kadar kalori yang rendah, jus sayuran juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

5. Jus Buah
Berbeda dengan jus sayuran yang memiliki kadar kalori rendah, pada jus buah umumnya memiliki kalori yang tinggi. Walaupun begitu, kamu tetap bisa menjadikan jus buah sebagi pengganti kopi di pagi hari. Pasalnya, jus buah kaya akan vitamin baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun perlu diperhatikan, saat membuat jus buah tidak perlu menambahkan gula atau pemanis lainnya. Selain itu, jangan juga tergoda dengan jus kemasan dengan label sari buah. Minuman dengan label tersebut umumnya mengandung air dan beberapa jenis gula dengan kadar sukrosa yang tinggi. Hal ini yang bisa menambah berat badan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyiapkan jus sendiri. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus