Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Cobalah Rutin Minum Teh Jahe Kunyit Setiap Hari, Rasakan 5 Khasiat Berikut

Selasa, 07 April 2020

Teh Kunyit Jahe. (Foto:Trubus.id)

PEKANBARU-Teh jahe kunyit dibuat dengan cara merebus akar jahe dan akar kunyit segar dalam air panas. Kedua herbal ini juga tersedia secara luas dan telah banyak diteliti, karena popularitasnya.

Teh kunyit adalah ritual di Okinawa, Jepang yang dipercaya sebagai ramuan kesehatan. Teh jahe kunyit merupakan minuman rendah kalori dan kafein yang lezat dan sehat. Berikut manfaat dari konsumsi rutin teh kunyit jahe.

1. Melindungi kesehatan jantung
Sejumlah penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe dan kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol LDL.

LDL bertanggung jawab aata risiko terbentuknya plak di arteri dan pembuluh darah. Kondisi ini dapat meningkatkan aterosklerosis dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke seseorang.

2. Meningkatkan kekebalan
Teh jahe kunyit memiliki sejumlah kualitas antimikroba, antibakteri, anti-jamur, dan antiseptik. Hal ini membuatnya menjadi bantuan sistem kekebalan tubuh yang sangat baik, menurut penelitian oleh Dr. Shalini Tattari dkk., Institut Nutrisi Nasional, Hyderabad, India.

Jika Moms menderita kekebalan tubuh yang lemah dan sering pilek, teh herbal ini bisa menjadi solusi. Kombinasi dari bahan-bahan ini membantu mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi yang mendasarinya.

3. Perawatan untuk kulit
Kunyit dalam teh herbal ini sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit, terutama jerawat dan masalah peradangan seperti psoriasis dan eksim.

Kandungan gingerol dalam teh jahe kunyit juga menjadi senyawa antibakteri dan antioksidan yang sangat baik yang melindungi kulit dari infeksi. Tak hanya itu, ramuan ini merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan flek.

4. Mengatur diabetes
Penelitian yang dikutip dalam British Journal of Nutrition menunjukkan kemampuan jahe dan kunyit dalam mengatur gula darah.

Hal ini menjadikannya pebih efektif untuk mengelola gejala diabetes. Dengan menjaga kadar glukosa dan insulin seimbang, teh jahe kunyit mencegah lonjakan berbahaya dan penurunan gula darah. Kedua hal ini dapat menjadi bencana bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena diabetes.

5. Properti analgesik
Curcumin dan gingerol, dua bahan aktif yang paling penting, memiliki sifat analgesik. Ini yang berarti bahwa dapat menghilangkan rasa sakit di seluruh tubuh. Ini merupakan tambahan dari sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya di otot dan jaringan tubuh.

Lalu bagaimana cara membuatnya?
Bahan:
1 cangkir air
1 sdt jahe parut
1-2 sdt akar kunyit parut atau 1 sdt bubuk kunyit
1 sdt madu atau jus lemon
1 sdt lada hitam

Cara membuat:
1. Rebus air hingga mendidih dalam panci atau panci stainless steel.
2. Tambahkan kunyit dan jahe, lalu diamkan hingga air rebusan hangat.
3. Diamkan campuran selama 10-15 menit.
4. Saring teh, tambahkan lada hitam, jus lemon, dan madu, dan nikmati minumannya! (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus