Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Cobalah Tes Urin Anda, Bila Berbusa Waspada Masalah Kesehatan Berikut

Minggu, 14 Juli 2019

Urin berbusa. (Foto:Sketsanews)

PEKANBARU-Melakukan tes urin setiap waktu sangat penting, meskipun kita merasa sehat. Kebanyakan dari kita mungkin menganggap sepele tes urin, karena sering kali tidak memerhatikannya saat buang air kecil.

Tapi ternyata, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa ditunjukkan dari urin kita. Salah satunya jika urin atau air seni kita berwarna gelap, berbau atau berbusa maka bisa mengindikasikan beberapa masalah kesehatan.

Kali ini kita akan membahas penyebab busa yang di dalam urin. Terutama jika saat kita buang air kecil secara terus menerus busa tersebut selalu muncul. Bisa jadi salah satu masalah kesehatan berikut ini sedang Anda alami.

Penyebab Urin Berbusa
Dikutip dari boldsky.com, beberapa alasan urin kita berbusa. Dan saat itu kita perlu dipertimbangkan untuk pergi ke dokter melakukan pengecekan lebih lanjut:

Dehidrasi
Urin berbusa bisa jadi karena dehidrasi. Bila Anda mengalami dehidrasi, urin cenderung memiliki protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi. Disaraknan untuk minum banyak air putih.

Masa Kehamilan
Urin berbusa juga sering kali dialami oleh ibu hamil. Selama kehamilan, ginjal harus bekerja lebih keras. Dan kadang protein bisa masuk ke dalam kantung kemih, sehingga menyebabkan busa.

Bila Anda cemas atau stres, urin Anda cenderung berbusa. Alasannya bisa albumin atau protein terdapay di dalam urin. Saat ginjal mengalami stres, protein bisa masuk ke dalam kantung kemih dan keluar dengan urin.

Diabetes
Penderita diabetes seringkali mengalami masalah ginjal dan salah satunya bisa menyebabkan urin berbusa. Kadar gula darah yang tinggi bisa semakin memperburuk fungsi ginjal.

Kadar protein dalam urin yang terlalu tinggi dikenal sebagai proteinuria. Bila ginjal tidak mampu menyaring protein dengan baik, maka urin akan cenderung berbusa. Dan ini lebih baik berkonsultasi ke dokter.

Infeksi saluran kemih
Bila bakteri telah menginfeksi saluran kemih Anda, maka bisa menyebabkan urin busa. Ini bisa menyebabkan keluarnya protein ke dalam urin.

Masalah jantung
Tingkat protein yang tinggi pada urin terkait dengan masalah kesehatan kardiovaskuler, seperti stroke. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan memengaruhi kinerja jantung. Dan membuatnya bermasalah.

Jadi, perhatikan kesehatan Anda dengan melihat seperti apa urin yang kita keluarkan. Saran yang penting adalah, minum air putih lebih banyak. Jangan meminum minuman beralkohol, berwarna dan mengandung gula yang tinggi. 

Hargai tubuh dan hidup Anda, mulailah dengan hidup sehat. (*)



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: ikutrame.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus