Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Dailymart Hang Tuah Kian Meresahkan, Pedagang: Pemko tak Berpihak pada Kami

Rabu, 22 November 2017

Keberadaan Dailymart yang merugikan pedagang Pasar Sail.(Foto: Andi Affandi/FokusRiau.com)

PEKANBARU-Keberadaan supermarket Dailymart di Jalan Hang Tuah Pekanbaru, kian meresahkan pedagang. Pendapatan pedagang yang anjlok hingga 60 persen, setelah supermarket ini berdirinya, keluhan pedagang kepada pihak-pihak berwenang seakan tak ditanggapi.

"Kami sudah mengadu ke DPRD dan Disperindag. Namun tak pernah ada jawaban yang bisa menyelesaikan masalah," kata Indra Yuda, Ketua Pedagang Pasar Sail kepada fokusriau.com, Rabu (22/11/2017).

Dikatakan, sebelum ini pihaknya pernah bertemu dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengadukan soal keberadaan Dailymart. Namun jawaban Ingot sama sekali tak menunjukkan keberpihakan pada pedagang.

"Disebutkan bahwa Dailymart itu ada izin. Izin yang bagaimana," tanya Indra.

Yang memberatkan pedagang dari hadirnya Dailymart, kata Indra adalah supermarket ini menjual semua yang dijual di pasar Sail, bahkan obat-obatan sekalipun. Diakui Indra, pernah salah seorang pedagang toko obat pasar Sail yang mengadu kepadanya.

Diberitakan sebelumnya, terkait Dailymart ini, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba kepada fokusriau menuturkan bahwa selama ini Dailymart tidak mengantongi izin, yakni Izin Usaha Toko Modern (IUTM).

"Hanya berbekal SIUP dan HO. Padahal seharusnya Dailymart harus punya IUTM," kata Mas Irba saat itu.

Sejak dua tahun lalu Disperindag sudah memperingatkan pemilik Dailymart untuk menghentikan kegiatan supermarket itu.

Daily Mart yang berdiri persis di depan Pasar Sail ini, dinilai telah mengangkangi Peraturan Presiden No. 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. 

Antara Daily Mart dengan pasar Sail hanya dibatasi oleh jalan. Padahal sesuai Perpres No. 112 Tahun 2007, antara pasar modern dengan pasar tradisional, minimal harus berjarak 2 kilometer. 

Diketahui, selain menjual barang eceran, Daily Mart yang berukuran ruko tiga pintu ini juga menjual grosiran. Selain itu, Daily Mart juga menjual bermacam buah. Kondisi pasar Sail sendiri lebih sepi sejak berdirinya Daily Mart.

Sangat disayangkan, kondisi pasar Sail yang saat ini dikelola oleh pihak ketiga, PT. Riau Kerta Raharja (RKR), tak lebih dari 50 persen kios dan los pedagang yang terisi. Di siang hari, pada lantai II pasar terlihat sepi aktifitas.(andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus