Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Dalam Sehari 4 Penyeludupan Narkoba di Bandara Hang Nadim Batam Digagalkan

Kamis, 11 Januari 2018

Tim Joint Investigation memberikan keterangan pers. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

BATAM-Tim Joint Investigation Polda Kepri, Bea Cukai dan Avsec Bandara Hang Nadim Batam, Kepri dalam sehari berhasil mengungkap empat kasus tindak pidana narkoba jenis sabu, Minggu lalu.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri Kombes K. Yani Sudarto, S.IK, M. Si membenarkan pengungkapan penyeludupan narkoba tersebut. Tim Joint Investigation berhasil menangkap lima calon penumpang pesawat udara yang kedapatan membawa narkoba jenis sabu.

Pada jumpa pers pengungkapan kasus narkoba di Mapolda Kepri, Kombes Yani menjelaskan, dua tersangka penangkapan pertama berdasarkan LP- B / 02 / I / 2018 / SPKT-Kepri tanggal 07 Januari 2018 adalah M dan AM di ruang pemeriksaan Lantai II Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

“Tersangka M dan AM membawa  enam bungkus serbuk kristal diduga sabu masing-masing dibungkus plastik bening total seberat 598 gram, kemudian sepasang sepatu warna hitam, satu lembar Boarding Pass Lion Air JT 0373 rute Batam tujuan Jakarta, satu Hp Nokia, satu KTP dan uang tunai Rp350.000,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, terhadap tersangka di Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri, tersangka M dan AM  mengaku bahwa 3 orang temannya sudah terlebih dahulu berangkat ke Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta.

“Kemudian dilakukan koordinasi dengan petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Selanjutnya ketiga orang temannya berhasil diamankan dan diserahkan Bea Cukai kepada Polres Bandara Soekarno Hatta,” urainya.

Dikatakan, tersangka yang diamankan di Bandara Soekarno-Hatta adalah IH, Z dan M dengan barang bukti sabu 1.667 gram, masing-masing dari dalam sepatu dari 3 tersangka terdapat 559 gram dan Sabu seberat 598 gram dari dalam tas.

Selanjutnya, tim berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka berinisial AP dan R di pintu masuk metal detector badan terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam berdasarkan LP- B / 01 / I / 2018 / SPKT-Kepri tanggal 07 Januari 2018.

“Terhadap dua tersangka ini diamankan barang bukti yaitu 6 bungkus serbuk Kristal diduga Narkotika jenis sabu yang masing-masing dibungkus dengan plastik bening dengan total seberat 598 gram dan 10 bungkus serbuk Kristal diduga Narkotika jenis sabu yang masing-masing dibungkus dengan plastik bening dengan total seberat 698 gram,” ujarnya.

Sedangkan, penangkapan terakhir pada hari yang sama,. di pintu pemeriksaan X- Ray terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam dengan LP- B / 03 / I / 2018 / SPKT-Kepri tanggal 7 Januari 2018 telah ditangkap tersangka berinisial M warga Jawa Timur. M diketahui petugas membawa barang bukti Sabu seberat 1.029 gram.

Terhadap para pelaku akan dikenai pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 113 ayat (2) dan atau  pasal 112 ayat (2) Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama seumur hidup atau mati. (indra h piliang)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus