Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
citilink
Pemerintah kabupaten Rokan HuluDamkar Rokan Hulu Masih Dihadapkan Minimnya Armada

Selasa, 19 Maret 2013 - 10:47:23 WIB


PASIR PENGARAYAN-Bupati Rokan Hulu, H Achmad mengatakan, peran pemadam kebakaran dalam menunjang program pembangunan sangat strategis, terutama dalam menjaga aset daerah. Dalam mereposisi arah dan kebijakan ke depan, peran instutusi pemadam kebakaran harus terlibat langsung dalam kegiatan inspeksi kebakaran.

"Persoalan yang ada saat ini, kondisi pemadam kebakaran masih memprihatinkan dengan jumlah aparatur yang masih di bawah standar. Jadi sulit untuk meningkatkan kapasitas institusi pemadam kebakaran dalam mengurangi resiko kebakaran," kata Achmad membacakan amanat Mendagri, Gamawan Fauzi sempena Hari Ulang Tahun ke-94 Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Pemadam Kebakaran Rokan Hulu di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Senin (18/3).

Dikatakan, lahirnya hari Damkar karena rasa kepedulian sekolompok masyarakat di Jakarta puluhan tahun lalu dalam menanggulangi kebakaran yang terjadi. Karena itu, tanggal 1 Maret kemudian diperingati sebagai hari Damkar. "Ini sebagai bentuk apreseasi petugas pemadam kebakaran yang siaga sepanjang hari, siap merespon, dan pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya," katanya.

Achmad mengingatkan, Dinas Pemadam kebakaran mengedepankan preventif penyuluhan soal tanggap darurat. Selain itu, untuk dapat mendukung kinerja Pemadam Kebakaran perlu penambahan jumlah aparat minimal enam orang setiap mobil. Dalam 25 ribu penduduk mesti tersedia satu unit mobil Damkar.

Achmad menambahkan, Pemkab Rokan Hulu komit dalam menaggulangi kebakaran. Petugas yang ada sekarang siap bekerja secara maksimal dalam menangani pristiwa kebakaran yang terjadi. Namun diakui, karena jarak tempuh yang jauh, sehingga mobil pemadam kebakaran sering terlambat datangnya.Tetapi yang perlu ditekankan kepada masyarakat adalah upaya pencegahan. "Kita lebih menekan kepada upaya pencegahan sebelum kebakaran terjadi. Kepada masyarakat kita minta untuk selalu mengecek kompor gas dan listrik sebelum meninggalkan rumah," ucapnya.

Sementara Kepala BPBD-Damkar Rokan Hulu, Aceng Herdiana mengatakan, Pemadam Kebakaran masih kekurangan armada dan personil. Kemudian, kendaraan yang ada saat ini hanya ada 6 unit, sementara ada 16 Kecamatan yang harus dilayani. "Kita berharap semoga kedepannya ada bantuan dari Pemkab Rokan Hulu, Pemprov Riau maupun dari pusat agar permasalahan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu bisa di atasi dengan segera," tukasnya. (adv/hms)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus