Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Dampak Asap Karhutla, Pemkab Inhu Riau Liburkan Sekolah, Apel ASN Ditiadakan

Selasa, 10 September 2019

Wabup Khairizal memimpin rapat. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Memburuknya kualitas udara di Kabupaten Inhu, Riau memaksa pemerintah setempat mengambil kebijakan untuk meliburkan seluruh sekolah dari TK sampai SMP mulai hari ini. 

Kebijakan tersebut disampaikan sesuai hasil keputusan rapat yang dipimpin Wakil Bupati Khairizal dan sejumlah pejabat terkait, Selasa (10/9/2019). Rapat juga dihadiri Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kantor Kantor Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Khairizal menyebut, berdasarkan pertimbangan Dinas Kesehatan, udara di Inhu sudah tidak sehat akibat asap karhutla yang semakin pekat. "Aktivitas sekolah baru akan dimulai kembali setelah udara dinilai normal. 

Sementara untuk seluruh aparatus sipil negara (ASN) akan tetap masuk kantor seperti biasa. Hanya saja, apel pagi dan sore ditiadakan sampai udara kembali normal.

Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu sudah mengirimkan surat edaran ke seluruh korwil kecamatan untuk ditindak lanjuti sekolah. Supaya aktivitas sekolah hari ini langsung diliburkan. Namun demikian, seluruh peserta didik harus tetap belajar di rumah dengan pengawasan orangtua.

Khairizal mengimbau seluruh orang tua murid agar mengawasi anak-anaknya untuk tidak bermian di luar rumah, demi menghindari anak-anak terserang penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat dampak asap. 

"Masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar ruangan. Bila harus beraktivitas di luar ruangan, diharapkan memakai masker," tukasnya. (*)



Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus