Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Dandim 0320/Dumai Letkol Horas Sitinjak Pimpin Pemadaman Karhutla di Dumai Barat

Senin, 12 Agustus 2019

Dandim bersama tim gabungan memadamkan karhutla. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Dandim 0320/Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak memimpin pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Parit Delima, Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (11/8/2019).

“Saya pimpin langsung, karena api karhutla sudah mendekati perumahan warga,” ujar Horas.

Disebutkan, kebakaran kemungkinan karena pemilik lahan melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar (kejadian dua hari lalu) dan sekarang pelaku sedang diperiksa di Mapolres Dumai. “Kerugian yang ditimbulkan lebih kurang 4 hektare Lahan terbakar di Jl. Parit Delima,” sebutnya.

Dengan semangat pantang menyerah, api berhasil disekat dan tidak menjalar ke rumah warga. Personil yang dikerahkan 20 orang gabungan Kodim 0320/Dumai, Polres Dumai, BPBD Dumai dan warga setempat.

“Ingat. Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, api bisa hidup kembali dari bawah tanah,” pesannya.

Horas mengingatkan seluruh warga Dumai agar tidak ada kegiatan membakar lahan untuk tujuan membersihkan Lahan, karena musim kemarau dan angin kencang sehingga api cepat merambat, belum lagi kebanyakan lahan yang terbakar merupakan lahan gambut.

“Kepada pemilik lahan, jika melihat disekitarnya ada yang membakar, agar saling mengingatkan atau mencegah. Dan apabila sudah terbakar agar bersama - sama untuk memadamkan kebakaran tersebut,” harapnya. (*)



Penulis: Dika CP
Editor: Evi Endri


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus