Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Dekranasda Buka Toko Makanan dan Kerajinan Asli Rohul

Senin, 01 April 2013


PASIR PENGARAYAN-Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Rokan Hulu membuka toko di komplek Pasar Modren, Kampung Padang, Kecamatan Pasir Pengarayan. Keberadaan toko tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memasarkan hasil kerajinan dan makanan yang diproduksi industri rumah tangga asli Rokan Hulu.

Pembukaan toko untuk menampung hasil kerajinan masyarakat dalam pemasaran. Selama ini, kendala yang dihadapi pengrajin lokal adalah sulitnya pemasaran. Dengan alasan inilah, Dekranasda berusaha memfasilitasi pengrajin untuk menjual hasil kerajinannya, sekaligus melakukan pembinaan agar pengrajin lebih termotivasi dalam memproduksi kerajinan lokal.

Untuk kerajinan ukir asli Rokan Hulu, sebenarnya sudah banyak yang diikutsertakan dalam pamerkan di beberapa pameran seni ukiran. Sedangkan untuk jenis makanan dan minuman, banyak juga yang sudah dipamerkan, seperti ting-ting jahe, madu lebah dan gula enau cair hasil produksi lokal.

"Namun yang dominan dicari masyarakat sekarang adalah makanan jenis gula enau cair," papar Ketua Dekranasda Rokan Hulu, Hj Magdalisni Achmad melalui Sekretarisnya, Maskur kepada wartawan, Senin (1/4) di Pasir Pengarayan.

Dikatakan, toko makanan dan kerajinan asli Rokan Hulu sudah dibuka sebulan lalu untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat mencari oleh-oleh khas Rokan Hulu. Selama ini, kata Maskur, belum ada tempat resmi bagi masyarakat luar Rokan Hulu yang ingin mencari makanan khas daerah.

"Keberadaan toko Dekranasda di Pasar Modern diharapkan dapat memudahkan masyarakat dari luar Rohul yang berkunjung mencari oleh-oleh asli Rokan Hulu, sekaligus menjadi sarana pembinaan bagi para pengusaha kecil menengah dan pengrajin lokal," tutur Maskur.

Sejak dibukanya toko kerajinan dan makanan asli Rokan Hulu ini, banyak masyarakat lokal dan luar yang datang berbelanja. Dengan demikian, diharapkan keberadaan toko Dekranasda tersebut dapat membantu masyarakat memasarkan produk yang telah dibuat dan promosi dalam masyarakat.

"Sejak dibuka sebulan lalu, sudah banyak masyarakat yang datang berkunjung baik masyarakat tempatan maupun pengunjung dari luar Rokan Hulu. Kita optimis, keberadaan toko ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Maskur. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus