Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Demi Menangkan Paslon Firdaus-Rusli, Puluhan Ribu Saksi Disebar Awasi TPS

Kamis, 31 Mei 2018

Ilustrasi. (Foto:Tempo.co)

PEKANBARU-Pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Firdaus-Rusli memberikan perhatian serius terhadap proses paling krusial dalam Pilgubri, yakni pencoblosan 27 Juni 2018 nanti. Tidak ingin terjadi kecurangan dan merugikan paslon yang diusung, Tim Koalisi Firdaus-Rusli merekrut puluhan ribu saksi yang bakal disebarkan ke seluruhTempat Pemungutan Suara (TPS).

Informasi yang diperoleh media ini dari Kordinator Saksi Tim Koalisi Firdaus-Rusli, Jabarullah menyebut, total saksi yang direkrut lebih dari 20 ribu orang. Banyaknya saksi yang direkrut, karena Tim Koalisi Firdaus-Rusli tidak menginginkan adanya kecurangan dalam penghitungan suara maupun dalam pelaporan rekapitulasi hasil suara pada masing-masing TPS.

"Jadi kenapa jumlahnya lebih dari 20 ribu saksi, karena kita akan menempatkan pada masing-masing TPS itu minimal dua orang saksi. Jika total TPS di seluruh 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau adalah 12.054, maka tim koalisi Firdaus-Rusli menyiapkan saksi minimal dua kali lipat dari jumlah itu, yakni 24.108 orang saksi," kata Jabarullah, Kamis (31/5/2018) di Pekanbaru. 

Untuk lebih efektifnya pelaksanaan pengawasan TPS, seluruh saksi-saksi yang direkrut tersebut berasal dari wilayah tempat TPS itu berada. Kemudian, selain dari unsur relawan Firdaus-Rusli, para saksi juga berasal dari seluruh partai pendukung meliputi Demokrat, PPP dan PBB. 

"Jadi dalam merekrut saksi, kita sangat perhatikan soal militansi dan ikatan emosional dengan partai pengusung maupun pasangan calon. Sebab, tugas mereka akan sangat berat dan penuh godaan," katanya

Selain seleksi ketat dalam mendapatkan puluhan ribu saksi tersebut, diungkapkan Jabarullah, seluruhnya diberikan pembekalan tentang tugas-tugas saksi serta trik-trik tertentu dalam pengawasan proses pemungutan suara TPS-TPS. "Ya, harus kita bekali mereka agar tugas-tugas yang dilaksanakan sesuai dengan pedoman menjadi saksi TPS pada Pilkada yang sudah diatur oleh KPU berdasarkan Undang -Undang yang berlaku," ungkapnya. 

Dalam catatan media ini, pasangan Firdaus-Rusli merupakan paslon paling diunggulkan untuk memenangkan Pilgubri 2018 ini. Hingga saat ini komitmen suara dan dukungan terus mengalir dan semakin menguat di hampir di seluruh kabupaten/kota. Bahkan, dari survei internal yang dilakukan tim pemenangan Firdaus-Rusli hasilnya sangat mengejutkan dan luar biasa. Yakni, paslon nomor urut 3 ini unggul di lebih dari 6 kabupaten/kota.

"Peluang dan optimisme kemenangan itu termasuk yang mesti diawasi dan dikawal oleh para saksi Firdaus-Rusli pada saar pencoblosan 27 Juni mendatang," katanya.

Sementara itu beberapa saksi paslon Firdaus-Rusli kepada media ini kompak menyatakan rasa bangga karena sudah diberi kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai saksi di TPS-TPS nantinya.

"Insha Allah kami akan laksanakan tugas ini secara maksimal sesuai amanah yang diberikan oleh Pak Firdaus dan Pak Rusli Effendi melalui koordinator saksi," kata salah seorang saksi untuk wilayah Pekanbaru yang tak bersedia namanya dipublikasikan media. (rilis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus