Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Demo Ribuan Pekerja, LAM Riau: RAPP Harus Tunduk dengan Aturan

Senin, 23 Oktober 2017

Aksi demo buruh HTI RAPP di depan kantor Gubernur Riau. (Foto: Andi AFfandi/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Aksi ribuan pekerja PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pekanbaru ditanggapi Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat elayu Riau (LAMR) Syahril Abu Bakar sebagai sebuah masalah kompleks. Kendati begitu, RAPP tetap harus tunduk pada aturan yang berlaku.

Kepada fokusriau.com, Syahril mengungkapkan, beberapa waktu lalu LAM memang pernah didatangi para pekerja RAPP yang tergabung dalam serikat pekerja. Saat itu mereka saat mengeluhkan soal Permen LHK No 17/2017.

"Kita minta para pihak terkait kalau dapat duduk satu meja, baik kementerian, Pemprov dan perusahaan serta pihak serikat pekerja untuk membicarakan ini kembali. Jangan sampai masalah ini mengorbankan pekerja," kata Syahril Abu Bakar, Senin (23/10/2017) di Pekanbaru.

Diketahui, dari kebijakan Menteri LHK, kebijakan itu hanya membatalkan RKU, bukan mencabut izin RAPP. "Jika demikian, perusahaan lengkapilah apa yang diminta kementerian sesuai dengan aturan itu, kepastian hukum itu harus," tegas Syahril Abu Bakar.

Sampai berita diturunkan, aksi ribuan massa masih berlangsung di Jalan Sudirman Pekanbaru. Massa bertahan hingga ada bentuk komitmen tertulis dari Gubernur Riau.

Ada hal yang janggal dan menarik jika menilik masalah aksi ribuan pekerja RAPP yang takut kehilangan pekerjaan ini. Walaupun dikabarkan RAPP akan melakukan pengurangan pekerja, namun RAPP justru ikut serta dalam Riau Job Fair 2017 dan menerima lowongan pekerjaan. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus