Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Deputi Kemenpora Diperiksa KPK Sebagai Saksi Rusli Zainal

Senin, 18 Maret 2013


JAKARTA-Deputi Peningkatan Prestasi Olah Raga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Riau, HM Rusli Zainal dalam kasus korupsi pembangunan venue dalam kegiatan PON di Riau.

"Saya dipanggil sebagai saksi untuk Gubernur Riau, HM Rusli Zainal dalam kasus PON," kata Djoko saat tiba di gedung KPK, Senin (18/3) pagi. Djoko sendiri tidak banyak memberikan keterangan, karena belum mengetahui materi yang akan ditanyakan tim penyidik. Namun dia membawa beberapa data dan dokumen terkait dengan kasus dugaan korupsi pembangunan venue dalam kegiatan PON di Riau. Selain Djoko, hari ini penyidik juga akan memeriksa saksi lainnya, yakni Kepala Divisi Operasional PT PP, Wilton Malumbot.

Seperti diberitakan, Rusli Zainal ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus korupsi pembangunan venue dalam kegiatan PON di Riau dan perizinan hutan tanaman industri (HTI) Kabupaten Pelalawan, Riau tanggal 8 Februari 2013.

Dia disangkakan dengan tigas pasal, yaitu terkait dengan tindak pidana korupsi dalam kasus pembahasan Perda No. 6/2010 tentang Dana Pengikatan tahun Jamak Pembangunan Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012.

Gubernur Riau ini juga dikenakan pasal 12 A atau B atau pasal 5 ayat (2) UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pasal 12 A UU No. 31/1999, yaitu soal penyelenggara negara yang menerima suap, dengan ancaman dikenai sanksi maksimal 20 tahun penjara dan minimal 4 tahun penjara. (bis)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus