Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Desa Kubang Jaya Terima Bantuan CSR dari Indomaret

Rabu, 20 Desember 2017

Branch Manager Indomarco Pekanbaru menyampaikan sambutan.(Foto: Andi Affandi/FokusRiau.com)

KUBANGJAYA-Desa Kubang Jaya menerima bantuan dari PT Indomarco Prismatama atau yang dikenal dengan Indomaret. Bantuan tersebut bersumber dari dana Corpoorate  Social Responsibility (CSR).

Penyerahan berlangsung di aula Kantor Desa Kubang Jaya, Rabu (20/12/2017), dari Branch Manager Indomarco Prismatama Pekanbaru Priyanto dan dihadiri tokoh dan pemuka masyarakat, Sekdes Kubang Jaya Prabowo Suseno, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kecamatan Siak Hulu serta ratusan masyarakat.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa uang senilai Rp45 juta yang digunakan untuk normalisasi aliran Sungai Kelulut sepanjang 1.500 meter serta bantuan sembako untuk 117 masyarakat kurang mampu di Desa Kubang Jaya.

Dalam sambutannya, Branch Manager Indomarco Pekanbaru menyampaikan, bantuan normalisasi sungai Kelulut ini disebabkan kondisi pendangkalan yang sudah sangat mendesak untuk dilakukan normalisasi. Pendangkalan tersebut menyebabkan banjir di ujung sungai yang merupakan pemukiman masyarakat.

"Awalnya kita tidak trlalu respek dengan kondisi sungai Kelulut ini. Tetapi setelah mengetahui muara sungai tersebut di sini, kita langsung tanggapi. Dengan normalisasi ini kita berharap dapat meminimalisir terjadinya banjir. Sumbangsih yang diberikan Indomarco ini harus kembali ke masyarakat. " kata Priyanto.

Selain itu, bantuan berupa sembako yang diserahkan Indomarco, diharapkan juga bisa mengurangi beban masyarakat menengah ke bawah yang ada di desa ini.

Ditambahkan Priyanto, selain kegiatan seperti saat ini, Indomarco Prismatama Pekanbaru juga sudah sering melakukan bimbingan terhadap UMKM yang ada di Pekanbaru. Yakni bimbingan kepada masyarakat untuk membangun bisnisnya

Pada beberapa gerai Indomaret, terlihat sewa teras usaha-usaha kecil. Ini merupakan UMKM binaan Indomaret yang merupakan masyarakat sekitar unit usaha tersebut. "bahkan di Indomaret juga ada usaha gorengan, seperti di Indomaret Kaharudin Nasution, ini juga merupakan binaan kita," tutur Priyanto lagi.

Selain itu, Indomaret juga sudah memasukkan produk-produk UMKM lain, seperti keripik, kue serta jajanan lainnya untuk dijual di gerai Indomaret.

Indomaret juga berupaya memberdayakan SDM tenaga kerja lokal. Ini menunjukkan bahwa Indomarco juga peduli dengan putra daerah dan tempatan. Bahkan, Manager Development Indomarco Pekanbaru merupakan putra asli Pekanbaru.

Mewakili Sekdes Kubang Jaya, Prabowo Suseno, Kasi Pemerintahan Desa Kubang Jaya, Harmaini menyampaikan, pihak desa sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh perusahaan. Hendaknya, bantuan seperti ini agar dapat terus berlanjut.

Ke depannya, bantuan yang diberikan agar tidak dalam bentuk konsumtif, yakni berbentuk pelatihan-pelatihan atau pun pembinaan perekonomian masyarakat desa. "Agar bantuan itu bisa berkelanjutan untuk jangka panjang," katanya.

Senada, tokoh masyarakat Desa Kubang Jaya, H. Abu Bakar juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Indomarco Prismatama yang mau melakukan normalisasi sungai Kelulut. "Kita juga berharap bantuan ini terus berlanjut ke depannya," kata Abu Bakar.(andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus