Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Desa Sungai Rawa Gunakan Dana DMIJ Pemkab Inhil Untuk Kemajuan Pendidikan

Rabu, 28 Desember 2016

MI Ar-Rasyid dengan pagar baru dibangun melalui anggaran desa. (Foto:Istimewa)

SUNGAI RAWA-Setiap daerah pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam upaya memajukan daerahnya. Ada pembangunan dan program yang menjadi prioritas tentu akan didahulukan, apalagi bila anggaran yang didapat sangat minim atau pas-pasan.

Namun melalui Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang digalakan oleh Pemkab Inhil ditambah bantuan pemerintah pusat, sekarang desa-desa di Indragiri Hilir sudah tidak lagi ragu dalam membuat program-program pembangunan. Seperti di Desa Sungai Rawa, Kecamatan Batang Tuaka. Di sini, pemerintah desa sudah menjalankan program-program pembangunan tahun 2016. Salah satunya bidang pendidikan.

Pemerintah Desa Sungai Rawa membangun pagar Sekolah MI Ar-Rasyid. Pagar yang dibangun 20 meter tersebut dibangun pada Juli 2016. "Itu belum selesai dan akan kita lanjutkan di tahun depan, karena bantuan anggaran yang ada juga kita arahkan ke yang lain juga," kata Kepala Desa Sungai Rawa, H Syahran.

Mendesaknya pembangunan pagar tersebut, karena antisipasi pihak sekolah agar para pelajar tidak keluar dari lingkungan sekolah. "Agar anak-anak bisa terkontrol saat di sekolah. Karena kalau tidak dipagar, takutnya anak-anak keluar entah kemana-mana," ulas Syahran.

Dilanjutkan, itu permintaan yang sudah lama dari wali murid. Anggaran desa yang dulunya sedikit, membuat permintaan para orangtua tersebut tidak bisa diakomodir. Namun dengan dana DMIJ yang besar saat ini, perlahan-lahan permintaan wali murid tersebut bisa dipenuhi.

Diakui, pembangunan pagar itu belum 100 persen tuntas. Untuk itu, dirinya berharap Program DMIJ dari Pemkab Inhil dan bantuan dana dari Pemerintah Pusat untuk desa terus dilanjutkan agar pembangunan pagar itu juga dapat diselesaikan 100 persen.

Sebagai informasi, dengan anggaran besar yang dimiliki Desa Sungai Rawa saat ini, bisa terselenggara sedikitnya 10 paket pekerjaan. Selain pembangunan pagar, beberapa diantaranya juga turut dibangun 3 jalan rabat beton. Kemudian turut pula dilakukan perbaikan Kantor Desa serta pembangunan 5 unit jembatan. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus