Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Desa Sungai Rawa Maksimalkan Dana DMIJ Pemkab Inhil Bangun Infrastruktur

Selasa, 27 Desember 2016

Kondisi Jalan Parit 13 yang selesai dibangun dengan dana DMIJ. (Foto:Istimewa)

SUNGAI RAWA-Realisasi dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dari Pemkab Indragiri Hilir untuk Desa Sungai Rawa sudah berjalan maksimal dan hampir menyentuh seluruh sektor. Baik pembangunan infrastruktur bidang pendidikan sampai pembangunan fisik berupa jalan dan jembatan.

Seperti yang baru saja dilaksanakan, yakni pembangunan beberapa jembatan serta semenisasi tiga paket. Di antaranya paket I di Jalan Utama Parit 13 yang sebelumnya belum pernah tersentuh pembangunan. "Melalui dana DMIJ dan Pemerintah Pusat inilah, jalan dan jembatan itu bisa dilakukan semenisasi," kata Kepala Desa Sungai Rawa, H Syahran kepada wartawan, kemarin.

Diuraikan, sebelum dibangun jalan dan jembatan tersebut dalam kondisi tak layak pakai. Jembatan dari kayu yang sudah lapuk dan banyak lubang, begitu pula jalan dalam keadaan tak jauh berbeda, becek ketika dilalui. "Apalagi kalau hujan, itu sangat tidak nyaman untuk dilewati," ulas Syahran.

Paket II untuk Jalan Sederhana ukuran 1,5 x 185 meter. Terakhir adalah Paket Jalan Lintas Ar-Rasyad berukuran 1,5 x 61 meter. Ketiga jalan tersebut merupakan jalan utama yang sering diakses masyarakat. Baik anak sekolah, pedagang yang ingin berjualan saat hari pasar, serta petani untuk ke kebun.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan DMIJ dan dana desa ini, kami bisa membantu masyarakat dalam bentuk pembangunan," sambung Syahran.

Diakui, sejauh ini Desa Sungai Rawa masih 'haus' akan pembangunan. Masih banyak titik-titik pembangunan yang menjadi aspirasi masyarakat yang belum tersentuh.

Untuk itu, Syahran berharap, program DMIJ dan bantuan dana desa dari Pemkab dan Pemerintah Pusat tersebut terus dilanjutkan. "Agar nanti pembangunan yang belum tersentuh bisa kami cicil," ujar Syahran. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus