Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Dewan akan Panggil PD Pembangunan Pertanyakan TMP

Rabu, 24 April 2013


PEKANBARU-Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, minggu depan akan memanggil manajemen PD Pembangunan untuk mempertanyakan kesiapan pengoperasian bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Pemanggilan dilakukan menyusul terjadinya penambahan 70 unit bus TMP baru yang akan diluncurkan pada Hari Jadi Kota Pekanbaru, Juni mendatang.   

Demikian disampaikan Ketua Komisi II, Nofrizal di DPRD Pekanbaru, Selasa (23/4). Menurutnya, pengadaan penambahan bus TMP tersebut belum selesai, makanya ketika peluncuran nanti PD menyewa 50 unit bus TMP. "Penyewaan bus untuk peresmian itu belum diketahui, karena secara resmi soal penyewaan belum sampai kepada kita. Padahal, seharusnya kalau ada persoalan urgen sifatnya makro, biasanya dikasih tahu dulu. Karena PD Pembangunan mitra komisi II," kata Nofrizal.
 
Jika penyewaan bus merupakan kebijakan resmi PD, menurut Nofrizal, Komisi II sebagai mitra PD harus mempertanyakan secara spesifik. Sebab selama ini, penyertaan modal Pemko Pekanbaru kepada PD Pembangunan adalah untuk pembelian unit baru bus, bukan penyewaan. "Kalau mereka melakukan penyewaan kami belum tahu sama sekali. Sehubungan dengan itu, kita akan melakukan hearing atas peminjaman itu. Karena penyewaan ini akan menambah biaya terhadap sewa itu sendiri. Kita usahakan minggu depan kita panggil. Kalau informasi sepotong-sepotong kan tidak bagus," papar Nofrizal.

Termasuk indikasi penyelewengan anggaran atas penyewaan tersebut, Nofrizal ingin mempertanyakan, apakah anggaran untuk penyewaan 50 unit bus sebagai simbolis lounching 70 Bus TMP yang saat ini pengadaannya belum selesai, berasal dari Pemko atau PD sendiri.

Disingung keberadaan penambahan 70 unit bus TMP berimbas kepada angkutan kota, Nofrizal menerangkan, seiring perkembangan zaman yang terus berubah, pelayanan kepada masyarakat semakin dioptimalkan. "Dulu oplet satu-satunya di Pekanbaru. Setelah datangnya bus TMP dan sarana angkutan lainnya, masyarakat bisa memilih mana angkutan yang bagus. Tentunya harus disesuaikan dengan fasilitas, seiring perkembangan transportasi, ditunjang juga dengan pembenahan fasilitas," tukasnya.

Sementara Direktur Utama PD Pembangunan, Heri Susanto mengatakan, pihaknya memang menyewa 50 unit bus untuk transformasi sementara hingga akhir tahun ini. Juga untuk simbolis lounching bus TMP pada HUT Kota Pekanbaru. Sebab 70 unit bus Trans Metro yang asli proses pembeliannya belum selesai.

"Kita ada dua agenda, pembelian dan penyewaan. Pembelian ini lama prosesnya, maka kita sewa, uang sewa ini dari PD, kita akan sampaikan ini ke Komisi II. Ini semua kita lakukan tujuanya untuk efisiensi dan menyesuaikan target yang kami buat. Bahwa menyewa jauh lebih mudah, sewa ditenggarkan, anggaran masih dihitung," kata Heri. (btr)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus