Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Dewan Pers Ingatkan Jurnalis dan Media Patuhi Protokol dan SOP Covid 19

Kamis, 26 Maret 2020

Ketua Dewan Pers M Nuh. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Demi menjaga kesehatan dan keselamatan, Dewan Pers kembali mengingatkan para jurnalis untuk tetap mematuhi protokol dan standar operasional prosedur (SOP) penangganan virus Corona atau Covid 19.

Dewan Pers juga meminta media massa untuk terus mengajak pemangku kepentingan dan masyarakat bahu membahu bersama pemerintah menanggulangi pandemi Covid 19. Sehingga, penanggulangannya menjadi upaya bersama dengan melibatkan seluruh kekuatan bangsa, seperti pemerintah, dunia usaha, kelompok masyarakat dan pers.

"Dewan Pers mengucapkan terima kasih kepada unsur pers nasional yang tanpa kenal lelah terus meliput dan memberitakan perkembangan pandemi Covid 19. Sehingga masyarakat Indonesia umumnya mendapatkan informasi yang dibutuhkan, khususnya dalam membangun kesadaran kolektif untuk mencegah semakin meluasnya pandemi Covid 19," kata Ketua Dewan Pers M Nuh dalam keterangan pers yang diterima FokusRiau.Com, Kamis (26/03/2020).

Saat ini, menurut M Nuh, Bangsa Indonesia bersama negara lain di dunia sedang berjuang dengan keras untuk menanggulangi pandemi corona virus disease (covid) 19. Karena itu, dibutuhkan kesungguhan, sumbangsih dan kerjasama semua pihak untuk mengatasi bencana ini. 

"Sebagai bangsa besar yang telah berhasil menangani berbagai masalah, Insya Allah kita harus yakin dapat menangani pandemi covid 19 secara baik dan dapat menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak," ujar M Nuh. 

Disampaikan, Dewan Pers turut berterima kasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Kenapa? Karena sudah menjadi garda terdepan pejuang kemanusiaan dalam memberikan layanan medis bagi para korban Covid 19 secara langsung. 

"Dewan Pers juga menyampaikan duka cita yang sangat mendalam kepada para dokter dan tenaga medis, pahlawan kemanusiaan yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona ketika sedang menjalankan tugas mulia tersebut. Semoga amal ibadah dan kemuliaan budi mereka diterima Allah SWT. Demikian juga, bagi para pasien yang meninggal akibat Covid 19," tuturnya.

M Nuh menyebut, Dewan Pers mengapresiasi Pemerintah dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah bekerja keras menangani pandemi covid 19 di daerah masing-masing. 

"Kami yakin, Pemerintah terus berupaya sekuat tenaga untuk menangani Covid 19 ini dengan baik dan dampak turunanannya khususnya di bidang ekonomi dan sosial," katanya.

Dewan Pers juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI, Polri, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, kalangan pengusaha dan unsur-unsur masyarakat yang telah dengan penuh komitmen berkontribusi positif dan nyata terhadap upaya penanggulangan musibah nasional covid.19. 

Dengan semangat kesukarelawanan dan gotong royong semua pihak, yakin M Nuh, merupakan modal utama bangsa Indonesia untuk dapat segera mengatasi bencana nasional ini. 

"Untuk itu, Dewan Pers mengajak kita semua untuk terus berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Mahaesa, memohon pertolongan Nya dalam ikhtiar kita berjuang melawan  pandemi Covid 19," ajak M Nuh.

Dengan kerendahan hati, Dewan Pers ingin mengingatkan semua pihak bahwa yang dibutuhkan saat ini tidak sebatas pada penanganan medis terhadap masyarakat yang terpapar atau diduga terpapar virus corona. Tetapi juga dampak turunan pandemi Covid 19, khususnya di bidang sosial dan ekonomi. 

Karena itu, Dewan pers menyambut baik berbagai paket kebijakan yang telah diluncurkan Pemerintah untuk menangani dampak sosial-ekonomi tersebut, meskipun harus dikawal realisasi di lapangannya.

"Dewan Pers mengajak kita semua untuk memperkuat solidaritas sosial dengan memberi perhatian khusus untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang kehilangan mata pencaharian sehari hari atau yang mengalami penurunan penghasilan. Masih banyak warga masyarakat yang bekerja di sektor informal dan menggantungkan diri pada pendapatan harian," ajak M Nuh. (*)



Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus