Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Diduga Keracunan Makanan di Pesta Pernikahan, 57 Warga di Kampar Dilarikan ke Puskesmas

Senin, 02 Juli 2018

Korban keracunan makanan memperoleh perawatan. (Foto:Tribunpekanbaru)

KAMPAR-Sebanyak 57 warga Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (1/7/2018) malam harus memperoleh perawatan di Puskesmas. Beredar kabar, mereka keracunan makanan saat menghadiri pesta di Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Sabtu (30/6/2018) sore.

"Sejak pukul 16.00 tadi sudah ada 48 orang yang kita tangani. Terdiri dari 48 orang dewasa dan sembilan anak-anak," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kampar Nurbit usai meninjau kondisi korban keracunan makanan di Puskesmas Kampa, Minggu malam.

Saat ini, sebagian korban telah dirujuk ke rumah sakit dan dipindahkan ke Puskesmas terdekat, karena daya tampung Puskesmas Kampa tidak cukup. Saat ini, Nurbit belum bisa memastikan jumlah warga yang dirawat di tempat lain.‎

Di sisi lain, warga menyebut korban bisa mencapai seratusan. Ini bisa dilihat dari warga sudah dilarikan ke rumah sakit Bangkinang dan Pekanbaru, karena kondisinya cukup parah.

Menurut Nurbit, dirinya terus memantau perkembangan kejadian ini. Dirinya telah melapor ke pimpinan. "Pimpinan meminta saya stay di sini," katanya.

Sampai malam tadi, korban masih terus bertambah. Satu dua warga yang terkena gejala serupa masih berdatangan ke Puskesmas Kampa. Beberapa unit Ambulans sibuk mengantar jemput korban dari Puskesmas Kampa ke penampuang lain untuk dirawat. Ratusan warga di Kecamatan Kampa muntah-muntah, Minggu (1/7/2018).

Mereka terpaksa dirawat di Puskesmas Kampa untuk mendapat penanganan medis. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak Puskesmas maupun otoritas terkait Pemerintah Kabupaten Kampar. Menurut keterangan warga, mereka mulai muntah-muntah sejak Sabtu sore sampai malam. Puncaknya pada Minggu sore ketika warga terpaksa dilarikan ke Puskesmas karena muntah tidak kunjung berhenti.

Mulai dari anak-anak sampai dewasa yang tubuhnya lemas dirawat di Puskesmas. Ada juga yang sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Bangkinang dan rumah sakit di Pekanbaru. "Habis pulang dari pesta itulah. Mulai muntah-muntah semua. Mungkin keracunan," kata Ocu yang meminta identitasnya tidak dipublis, Minggu malam. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus