Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Diiringi Petikan Dawai Gambus dan Tengkah Kompang, Wagubri Wan Thamrin Buka Tour de Siak 2017

Selasa, 28 November 2017

Wagubri Wah Thamrin bersama Bupati Syamsuar dan pejabat memukul kompang. (Foto:Istimewa)

SIAK-Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, Selasa (28/11/2017) malam secara resmi membuka kejuaraan balap sepeda Tour de Siak. Petikan dawai gambus diiringi tengkah kompang Bupati Syamsuar dan sejumlah pejabat lainnya menandai pembukaan ivent tahunan di Kabupaten Siak tersebut.

Bupati Syamsuar mengatakan, Tour de Siak adalah upaya pemerintah daerah mempromosikan destinasi wisata Riau, khususnya Siak. "Tentunya dengan Tour de Siak diharapkan semakin membangkitkan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisatawan," ujar Syamsuar.
 
 
Wagubri Wah Thamrin bersama Bupati Syamsuar dan sejumlah pejabat serta undangan duduk bersama jelang pembukaan Tour de Siak 2017.(Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Selain itu, berbagai kegiatan pariwisata yang dilaksanakan Siak nantinya dapat bermuara dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan Siak. Syamsuar menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wakil Gubernur Wan Thamrim Hasyim dan rombongan ke Siak. 

Disampaikan, ada 14 tim yang akan mengikuti Tour de Siak. Delapan tim dari luar negeri dan enam tim dari dalam negeri yang akan menempuh tiga etape. "Setelah Tour de Siak, awal bulan depan Insya Allah kita menggelar Lomba Perahu Serindit dan sudah 40 peserta baik dalam negeri maupun luar negeri yang mendaftar," ungkap Syamsuar.
 
 
Wagubri Wah Thamrin (tengah) memerik dawai gambus bersama Bupati Syamsuar dan pejabat memukul kompang. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Sementara itu, Wan Thamrin mengapresiasi kegiatan Pemkab Siak yang sudah menggelar ivent tersebut dalam rangka mempromosikan pariwisata Riau. Saat ini, ekonomi Riau memang lesu, maka sektor pariwisata diharapkan bisa mengangkat perekonomian daerah dan masyarakat Siak.

"Secara peribadi, saya datang ke Siak sebagai pengulangan keturunan. Saya adalah keturunan ke empat Kesultanan Siak. Jadi Siak bukan daerah lain bagi saya tapi Siak adalah tumpah darah saya," ujar Wan Thamrin.
 
Wagubri Wan Thamrin Hasyim, Bupati Syamsuar, Wabup Alfedri dan forkompinda Siak foto bersama usai pembukaan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Menyusul akan digelarnya Lomba Perahu Serindit di Sungai Siak, seperti disampaikan Bupati Syamsuar, Wan Thamrin menyebutkan, ini merupakan upaya daerah mengangkat dunia pariwisata dan budaya Melayu. "Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Siak dalam upaya mengangkat marwah Melayu. Sehingga nantinya bermanfaat bagi anak cucu kita kelaknya," tambah Wan Thamrin.
 
 
Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan pembukaan Tour de Siak 2017.(Foto:Humas/FokusRiau.Com)
 
Lintasi tiga etape
Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni menyebutkan, rute Tour de Siak tahun ini akan melintasi tiga etape. "Tahun ini hanya etape Siak-Dayun, Siak-Sungai apit dan Siak city race. Rute Siak-Perawang yang digelar tahun sebelumnya tidak kita lakukan," ujar Fauzi Asni.

Dikatakan, pembukaan Tour de Siak diawali dengan kegiatan fun bike yang dilepas oleh Kajari Siak Zondri, Selasa (28/11/2017) pagi. "Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Tour de Siak," ujar Zondri.
 
 
Kajari Siak Zondri melepas peserta fun bike. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Para peserta fun bike sangat semangat mengikuti acara. Bahkan peserta ada yang membawa anaknya untuk mengikuti acara sepeda santai tersebut. Sepeda motor sudah disiapkan dari panitia untuk peserta yang beruntung, selain itu banyak lagi hadiah yang akan diberikan panitia untuk para peserta.

Selanjutnya, usai pembukaan Selasa malam akan dilanjutkan dengan Tour de Siak yang melintasi etape Siak-Dayun sepanjang 154,18 kilometer (km). Etape II berlangsung, Kamis (30/11/2017) Siak-Sungai Apit sepanjang 115, 45 km dan Etape III Siak City Race (hari terakhir) sepanjang 92,06 km. 

"Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melintasi empat etape. Tahun ini menghilangkan etape Siak-Perawang dikarenakan kondisi jalan yang masih rusak hingga saat ini," katanya. (satria donald)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus