Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Dinas Pertanian Inhu Kembali Buat Program Cetak Sawah
Kamis, 17 Januari 2013 - 16:52:05 WIB
RENGAT-Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan sekaligus mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, tahun ini kembali melaksanakan program cetak sawah.

Tahun 2012 lalu, Dinas Pertanan Inhu juga telah melaksanakan program serupa dengan luas mencapai 600 hektare untuk sembilan kecamatan. Namun yang terealisasi baru 60 persen saja, kerena terkendala dengan masalah banjir yang melanda Inhu beberapa waktu lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Inhu, R. Heri Zuliandri, Kamis (17/1).

Untuk tahun ini, program cetak sawah kembali dilanjutkan dengan luas 460 hektare. Dimana sekitar 400 hektare mengunakan dana bansos dari pusat, kemudian 30 hektare menggunakan dana APBD Provinsi Riau dan 30 hektare sisanya menggunakan APBD Kabupaten Inhu. "Program cetak sawah tersebut akan dipusatkan di enam Kecamatan," katanya.

Dikatakan, program cetak sawah dilaksanakan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat petani. Selain itu, program ini juga untuk mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Dijelaskan, dana untuk cetak sawah tersebut masing-masing diberikan Rp10 juta per hektarenya. Dana tersebut digunakan mulai dari mencetak sawah sampai proses penanaman. Sebab jika hanya sampai cetak sawah saja, dikhawatirkan masyarakat tidak akan melaksanakan penanaman. Sebab kebanyakan masyarakat banyak yang hanya mengharapkan bantuan saja.

"Selama ini banyak yang beropini kalau program cetak sawah hanya sampai pembuatan sawahnya saja. Untuk itu, saya sangat berharap semua pihak ikut memantau pelaksanaan program cetak sawah tersebut. Hal ini harus dilakukan demi terlaksananya program ketahanan pangan, sesuai aturan yang berlaku," tukasnya. (jef/ali)
Dinas Pertanian Inhu Kembali Buat Program Cetak Sawah



Berita terkait :



Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus