Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus PendidikanDisdik Imbau Semua PKBM Wajib Miliki NILEM Online

Sabtu, 21 April 2012 - 10:57:54 WIB


PEKANBARU-Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru akan memberlakukan Nomor Induk Lembaga (NILem) yang baru dengan sistem online. Karena itu, semua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Pekanbaru diwajibkan mengurus NILem baru.

"Untuk mengurus NILEM, kita juga mewajibkan setiap lembaga terlebih dahulu memiliki alamat email," kata Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Disdik Pekanbaru, Yettiniza, Jumat (20/4). Dengan penggunaan NILem online tersebut, setiap PKBM nantinya akan bisa melakukan pendaftaran diri melalui website dengan mengisi data-data kelembagaannya masing-masing. Karena itulah, setiap lembaga diwajibkan memiliki email.

Setelah lembaga bersangkutan mendaftar, nantinya Direktorat akan mengeluarkan NILem PKBM yang bersifat sementara. Selanjutnya akan ada verifikasi dari Disdik. "Sebelum itu, PKBM wajib menyerahkan berbagai syarat-syarat yang diperlukan untuk verifikasi seperti, kepengurusan, profil lembaga PKBM, rekap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta rincian tenaga pendidik yang ada, sarana dan prasarana, dukungan kemitraan dengan instansi/lembaga lain, pengalaman dan prestasi serta potensi yang dimiliki," ujarnya.

Kelengkapan persyaratan tersebut nantinya akan diperiksa langsung Dinas Pendidikan Pekanbaru dan setelah verifikasi selesai, hasilnya langsung diserahkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Riau guna memperoleh NILem tetap.

Dikatakan, saat Disdik melakukan sosialisai NILem online di Pekanbaru, ternyata dari 44 PKBM yang ada hanya 23 PKBM saja yang sudah mengikuti dan mendaftarkan diri. Karena itu, pihaknya mengimbau semua PKBM yang belum membuat NILem online agar segera mendaftarkan diri dan belajar dari PKBM yang sudah mengetahuinya, karena Dinas Pendidikan tidak akan melakukan sosialisasi lagi untuk ke dua kalinya.

Dengan memiliki NILem online, menurut Yetti, banyak hal positif yang akan didapatkan oleh PKBM bersangkutan. Salah satunya, bila ada bantuan dari Pemerintah Pusat untuk PKBM, maka hanya lembaga yang memiliki NILem Online yang berhak menerima. Sementara yang tidak punya dianggap tidak berhak menerimanya. (sup)



Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus