Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Dishub Pekanbaru Temukan 2.000 Lampu Jalan Ilegal Beroperasi

Kamis, 02 Mei 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Dinas Pehubungan Kota Pekanbaru, Riau telah mendata ribuan Penerangan Jalan Umum (PJU) liar beroperasi di sejumlah lokasi. Selama empat bulan mendata, Dishub menemukan dua ribu PJU ilegal beroperasi.

Ribuan PJU tersebut sudah diberi tanda dengan menempelkan stiker dan memberi tanda silang pada tiang PJU. PJU tersebut direncanakan akan dibongkar bersama dengan PLN Pekanbaru. Tujuannya untuk penertiban agar tidak terjadi kehilangan energi dari lampu jalan yang dinyalakan tanpa rekomendasi.

Pemasangan PJU dilakukan sesuai rekomendasi Pemko Pekanbaru. "Jadi 2.000 tiang PJU itu sudah kita pasang tanda silang. Nantinya akan dibongkar oleh PLN," kata Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti, Rabu (1/5/2019).

Menurutnya, tim dari dinas tidak cuma menertibkan ribuan PJU liar. Mereka juga mengganti lampu PJU dengan lampu hemat energi. Proses penggantian lampu sudah mencapai 75 persen. Penggantian lampu PJU dengan lampu hemat energi sudah berlangsung sejak Januari 2019 silam.

Petugas dari dinas sudah menyisir titik PJU yang ada di Kota Pekanbaru. Posisinya ada di lima rayon. Kelima rayon tersebut yakni Rayon Panam, Rayon Kota Timur, Rayon Kota Barat, Rayon Simpang Tiga dan Rayon Rumbai.

Ardi mengatakan, petugas dinas sudah mengganti 12.820 titik lampu PJU dengan lampu hemat energi. Target penggantian lampu mencapai 23.800 titik. Petugas dari Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama PLN juga langsung melakukan verifikasi bersama.

Mereka langsung memberi stiker pada tiang PJU yang sudah ada penggantian lampu. "Jadi kami beri stiker, agar masyarakat tidak menggantinya lagi dengan lampu daya besar," ujarnya.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru juga rutin menggelar patroli PJU. Mereka mengawasi kondisi PJU yang tersebar di lima rayon itu. Ada satu orang pengawas bertugas di satu rayon. Ada juga tim yang kini masih melakukan perbaikan jaringan PJU.

Dishub juga berkordinasi dengan PLN untuk menggesa perbaikan terhadap titik PJU. Mereka mengantisipasi adanya PJU padam selama Ramadhan 1440 Hijriah. Selain patroli pengawasan PJU, Dishub juga membuka layanan pengaduan.

Laporan bisa disampaikan lewat telepon, aplikasi whats app, instagram dan email. Masyarakat bisa menghubungi sambungan 0811 769 466 saat mendapati gangguan pada PJU atau PJU padam. Mereka juga bisa melaporkannya lewat akun instagram Bidang Keselamatan, Teknik Sarana dan Prasana Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

Masyarakat bisa sampaikan lewat akun instagram, official.ktsp. Masyarakat juga sampaikan laporan lewat alamat email yakni [email protected] Dinas ingin memberi kemudahan masyarakat untuk sampaikan laporan tentang kondisi PJU. (*)







Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus