Situs Portal Berita Riau
bintang florist
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus DaerahDisnakertras Bantu Peserta Teknologi Tepat Guna

Minggu, 14 Juli 2013 - 17:02:03 WIB
Disnakertras Bantu Peserta Teknologi Tepat GunaDUMAI-Setelah memperoleh pembekalan program kewirausahaan melalui pelatihan teknologi tepat guna, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, akhir pekan lalu memberikan bantuan sarana pembuat kue kepada 20 peserta pelatihan.
 
Pelatihan teknologi tepat guna merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, di mana masyarakat diberi kesempatan meningkatkan keterampilannya dan mengembangkan kemampuannya untuk menjadi wira usaha. Sehingga kelak mereka bisa memiliki kemandirian dan berperan dalam menunjang pembangunan ekonomi masyarakat.
 
Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Nefi Agustina Khairul didampingi Ketua Dharma Wanita Perwakilan Dumai, Hj Syarifah Rafida Mustafa disaksikan Kepala Disnakertrans, Amiruddin usai pelatihan langsung menyerahkan bahan dan sarana pembuat kue kepada 20 peserta pelatihan.

Peralatan yang diberikan berupa Mixer, Oven, Kompor Gas, Regulator, Kuali, Ampia, Dandang, Alat Pemeras, Baskom Besar, Timbangan, Baking Cake, Talam, Telenan, Sendok, Baskom Kecil, Sutil, Pisau, Minyak Goreng, Telur Ayam, Gula Pasir dan Gerobak Dorong.
 
Kepala Disnakertrans Dumai, Amiruddin mengatakan, bantuan tersebut merupakan program kewirausahaan dalam rangka perluasan kesempatan kerja melalui kegiatan terapan teknologi tepat guna untuk dapat meningkatkan sekaligus memberdayakan ekonomi rumah tangga masyarakat Dumai.
 
Menurut Amiruddin, bantuan bahan dan sararan terapan TTG tahun ini diterima oleh masyarakat Kelurahan Bukit Datuk kecamatan Dumai Selatan sebanyak 20 orang dengan kriteria masyarakat kurang mampu dan memiliki tekad yang kuat untuk menjadi wira usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga.
 
“Selain menyerahkan bantuan bahan dan sararana pembuat kue, Disnakertrans juga akan mengirim tenaga pendamping untuk mendampingi peserta agar berhasil menjalankan usahanya,” ujar Amiruddin.
 
Diungkapkan, sebelum bantuan bahan dan sarana pembuat kue ini diserahkan, pada bulan Mei lalu, 20 peserta sudah mengikuti kegiatan pembekalan program kewirausahaan melalui teknologi tepat guna dipusatkan di ruang terampil kantor Disnakertrans Dumai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih masyarakat agar menjadi wira usaha yang tangguh dan tidak bergantung pada pekerjaan yang mengikat.
 
Tujuannya, untuk menciptakan dan memperluas kesempatan kerja baru, mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala mikro, dan kecil/menengah berbasis terapan teknologi tepat guna, sementara sasaran dari kegiatan ini adalah, terwujudnya masyarakat yang aspiratif, inisiatif dan produktif serta berkemampuan teknologi dan terwujudnya lapangan kerja/usaha baik secara individu maupun kelompok. (dik)
Disnakertras Bantu Peserta Teknologi Tepat Guna



Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus