Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Ditetapkan Sebagai Bacaleg, tak Boleh Maju Pilgubri

Minggu, 05 Mei 2013


PEKANBARU-Bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah ditetapkan dalam daftar calon tetap atau DCT, tidak dibenarkan lagi mencalonkan diri sebagai calon gubernur atau wakil gubernur dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau september 2013 mendatang. Hal itu sudah diatur dalam Undang-undang pemilu.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2013 Pasal 47, calon kepala daerah atau wakil yang telah ditetapkan KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota sebagai calon dalam Pilkada tidak dapat dicalonkan sebagai anggota legislatif. Bila tetap dicalonkan, maka yang bersangkutan dianggap tidak memenuhi syarat sebagai bakal caleg.

"Kita akan segera melakukan pleno bila menemukan ada calon anggota legislatif yang ternyata mencalonkan diri pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, September mendatang. Karena hal itu tidak diperbolehkan dalam UU pemilu," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Budhiyan Putra Ali, Jumat (3/5) di Pekanbaru.

Menurut Budhiyan, sebaliknya juga begitu, calon kepala daerah yang sudah ditetapkan oleh partai juga tidak dibernarkan untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif . Namun demikian, menurut Budhiya, dari daftar bakal calon legislatif yang didaftarkan partai politik ke KPUD Riau belum ada ditemukan calon yang maju untuk pemilihan kepala daerah. "Kita mendorong para calon legislatif untuk mengikuti aturan main. Sehingga pencalonan mereka berjalan dengan lancar," harap Budhiyan.
 
Menurutnya, bakal calon kepala daerah yang ditetapkan KPUD Riau sudah tidak boleh mencalonkan diri pada legislatif tahun 2014 mendatang. Untuk itu, kepada bakal calon diharapkan dapat mengambil pilihannya.

"Kita tetap terus melakukan pengawasan terhadap calon legislatif yang dimasukkan parpol ke KPUD Riau. Jika kita menemukan ada nama bacaleg yang menjadi calon gubernur atau wakil gubernur, maka akan segera kita tindak," ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar, para calon gubernur dan wakil gubernur juga mencalonkan diri sebagai bacaleg DPR RI. Hal ini jelas merugikan calon lain yang ingin mengajukan diri sebagai bacaleg untuk DPR RI. Namun dengan keputusan KPU, maka para bacaleg tidak akan bisa lagi maju mencalonkan diri sebagai calon gubernur atau wakil gubernur. (anr)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus