Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Ditreskrimsus Polda Riau Bongkar Penipuan Online Modus Undian Berhadiah

Selasa, 29 Mei 2018

Subdit II Cybercrime Ditreskrimsus membongkar kasus penipuan. (Foto:Tribunpekanbaru)

PEKANBARU-Subdit II Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau berhasil membongkar kasus penipuan di dunia maya, menggunakan modus undian berhadiah operator telekomunikasi.

Tidak tanggung-tanggung, korbannya diketahui sudah mencapai ratusan orang di seluruh Indonesia. Pelaku yang diamankan berinisial AS dalam menjalankan operasionalnya dengan membuat sejumlah website untuk menipu korbannya.

Dalam website tersebut dicantumkan pengumuman undian berhadiah dengan jumlah hadiah antara lain bernilai Rp100 Juta, Rp75 Juta, sepeda motor dan Smartphone.

"Tersangka AS membuat website, www.ptmkios.com, Gebyarkios.com dan Pestapulsa.com atau tiga website. Dia mencantumkan beberapa nama pejabat yang tidak valid. Surat izin Depsos juga tidak valid untuk menarik korban," ungkap Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Gidion Arif Setiawan dalam konferensi pers, Selasa (29/5/2018).

Di Riau, seorang korban sudah melaporkan perkara tersebut ke Polda Riau. Sementara jumlah korbannya mencapai ratusan orang di Indonesia. Modusnya website yang dibuat pelaku merupakan sarana untuk meyakinkan calon korban, setelah dia menelpon secara acak seluruh calon korbannya.

Melalui sambungan telepon, korban digiring untuk menelpon nomor tertentu yang disebut-sebut sebagai nomor telepon bank. Di sinilah nantinya korban diminta untuk mentransfer uang pajak atas hadiah yang diperoleh.

Pelaku diamankan di Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan, tanggal 26 Mei kemarin. "Tersangka dari Kabupaten Sidrap, Sulsel kita tangkap 26 Mei lalu dan dibawa ke Pekanbaru," tuturnya. (*)



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus