Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

DPRD Inhil Minta Dinas Sosial Segera Integrasikan Hasil Verifikasi Masyarakat Miskin

Jumat, 29 September 2017

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil Herwanissitas. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HILIR-Polemik kuota Peserta Bayaran Iuran (PBI) BPJS Kesehatan terus berlanjut. Meski dikabarkan kuota yang ditentukan sudah penuh, namun masih banyak masyarakat miskin yang belum terdaftar sebagai peserta. Hal ini menimbulkan kecurigaan, kalau data yang diambil tidak sesuai kondisi lapangan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil Herwanissitas akhirnya bicara soal kuota PBI BPJS Kesehatan tersebut. Menurutnya, Dinas Sosial harus segera mengintegrasikan hasil verifikasi yang tengah dilakukan, meskipun prosesnya belum selesai.

"Berapapun data yang sudah diverifikasi, harus langsung diintegrasikan. Jangan menunggu selesai semua, kelamaan," ujarnya, Jumat (29/9/2017) di Tembilahan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menambahkan, bila proses integrasi dilakukan setelah pekerjaan selesai 100 persen, bagaimana jika masyarakat miskin yang belum terdaftar pada PBI BPJS Kesehatan mengalami sakit dan perlu perawatan secepatnya. "Dinas Sosial menargetkan November baru selesai verifikasi, kalau seandainya ada masyarakat miskin yang sakit dan perlu segera diambil tindakan pengobatan, sementara dia tidak terdaftar, terus bagaimana mau berobat gratis," tuturnya.

Apalagi dalam Undang-undang sudah jelas diatur, masyarakat miskin ditanggung oleh pemerintah. "Nah, jika saat ini ada masyarakat kita yang mana mereka tidak mampu, tetapi masih bayar berobatnya, ini sudah menyalahi aturan. Yang namanya masyarakat miskin, itu harus dilayani dan ditanggung oleh negara," tegasnya.

Untuk diketahui, terhitung Juli 2017, jumlah peserta BPJS PBI dari APBD Inhil dan sharing dana APBD Provinsi Riau sebanyak 142.991 jiwa dengan besarkan iuran Rp23.000 per jiwa perbulannya. (adv/parlemen)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus