Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pokok Pikiran

DPRD Kota Dumai Mati Suri

Rabu, 07 Januari 2015

Rian Arief, Ketua HMI Cabang Kota Dumai.

Oleh: Rian Arief*

Sebagai wakil rakyat tentunya memiliki peran dan fungsi sebagai mewakili rakyatnya diparlemen. Keterlibatan rakyat hanyalah dilibatkan saat pemilihan umum legislatif, kendati rakyat sebagai konstituen merupakan suatu keharusan wakilnya untuk memperjuangkan segala aspirasi rakyatnya.
 
Rakyat bukan sebagai alat untuk merebut kekuasaan di Perwakilan tetapi rakyat haruslah dilibatkan dalam seluruh proses pengambilan keputusan lagislatif maupun eksekutif. Pertimbangan untuk kesejahteraan masyarakat menjadi perioritas para pemangku kebijakan dalam membuat kebijakan berbasis kepentingan masyarakat.
 
DPRD kota Dumai sebagai lembaga legislatif kota Dumai yang memiliki 30 orang yang berasal dari berbagai dapil dikota Dumai.
 
Masa bhakti baru saja dimulai tentunya tidak menjadi alasan yang mendasar dalam melaksanakan fungsinya, adapun fungsi DPRD yaitu: Fungsi legislasi diwujudkan dalam membentuk Peraturan Daerah bersama-sama Kepala Daerah;(b) Fungsi anggaran diwujudkan dalam membahas, memberikan persetujuan dan menetapkan APBD bersama Pemerintah Daerah; (c) Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang, Peraturan Perundangan yang ditetapkan oleh Pemerintah, Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah, Keputusan Kepala Daerah dan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.
 
Namun fungsi tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pengawasan kepada Pemerintah tidak berjalan, apakah karena kepala Daerahnya tidak bisa bekerja lagi sehingga pengawasan DPRD begitu enggan.
 
Terkait 350 orang Mahasiswa yang di PHP oleh Pemerintah Kota Dumai sudah menjadi tanggung jawab DPRD kota Dumai karena Pemberi Harapan Palsu itu berkianat kepada Mahasiswa Kota Dumai. Mahasiswa merupakan bagian dari rakyat yang harus diperjuangkan juga. Generasi Muda Kota Dumai yang sedang berjuang memiliki. (***)

* Ketua HMI Cabang Dumai 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus