Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
DPRD Siak

DPRD Sepakat Terima LKPJ Kepala Daerah 2017, Plt Bupati Alfedri Sampaikan Keberhasilan Pemkab Siak

Selasa, 17 April 2018

Plt Bupati Alfedri (kanan) menyerahkan LKPJ 2017. (Foto:Istimewa)

SIAK-DPRD Kabupaten Siak, Senin (16/4/2018) pagi menggelar sidang paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2017 yang berlangsung di Gedung Panglima Gimbam.

Paripurna berlangsung sekitar dua jam dan dipimpin Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE didampingi Wakil Ketua Sutarno dan Hendri Pangaribuan. Sejumlah pejabat Pemkab Siak, Forkompimda dan anggota dewan menghadiri paripurna.

Sesuai laporan Sekretaris Dewan DPRD Siak Amrul, jumlah anggota parlemen yang hadir berjumlah 28 orang dari 40 anggota DPRD Siak. Dalam penyampaian LKPJ Kepala Daerah Siak tahun 2017 itu, Plt Bupati Alfedri memaparkan sejumlah program yang telah dicapai (terealisasi, red) sepanjang tahun 2017 lalu. 

Di antaranya terkait target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pencapaian serta prestasi maupun penghargaan yang diterima. “Strategi untuk meningkatkan penerimaan PAD adalah melalui kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi serta optimalisasi penerimaan dari sumber-sumber lainnya,” ujar Alfedri. 

“Selama 2017, ada belasan prestasi yang sudah diperoleh. Itu semua berkat kerjasama semua pihak di Siak, termasuk anggota legislatif,” tambahnya.

Diuraikan, beberapa prestasi yang dicapai tahun 2017 seperti Wahana Tata Nugraha (WTN) Lalu Lintas dibidang Transportasi darat, Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemda, terbaik pertama dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau (Kategori B), Indonesia Green Award 2017, atas konsistensi semangat dan komitmen menerapkan kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan.

Kemudian ada juga pencapaian Standar Nasional Provinsi (SNP), TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017, Kategori Alarm Persalinan oleh Kemenpan RB, Penghargaan BPKP perwakilan Provinsi Riau atas kinerja dan kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Siak,  Penghargaan Anugerah Paramesti, atas komitmen dalam menerapkan kebijakan zonasi kawasan tanpa rokok, Kota Layak Anak, satu-satunya kota layak anak di Riau tahun 2017 dengan predikat Madya.

Penghargaan lain adalah percepatan cakupan pemberian akta kelahiran gratis anak, Piala Adipura tahun 2017 dan kategori pasar terbersih, TOP 40 inovasi pelayanan publiktahun 2017 kategori alarm persalinan, Anugerah Pandawa dan Juara III kategori Nakula Sadewa, yang diterima oleh Green Generation Kabupaten Siak.

Kemudian ada juga penghargaan yang diterima dalam program gerakan menuju 100 Smart City yang diserahkan Kementerian Komunikasi dan Informasi, Penghargaan Sebagai Kabupaten/Kota Sehat, satu- satunya kabupaten di Provinsi Riau yang memperoleh penghargaan dari Kementerian Kesehatan, Menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan, dengan pencapaian standar tertinggi yang diserahkan oleh Gubernur Riau, Piagam komitmen Kota Pusaka, merupakan bagian dari program penataan dan pelestarian Kota Pusaka.

“Saya mengajak semua masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja keras mempertahankan dan meningkatkan pembangunan serta prestasi daerah untuk masa-masa mendatang,” harapnya.

LKPJ ini sebagai salah satu kewajiban yang harus disampaikan Kepala Daerah kepada DPRD setiap tahunnya yang membuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah yang telah dilaksanankan selama satu tahun anggaran. (*)



Penulis  : Satria Donald
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus