Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Dua Perusahaan Penunggak Pajak di Riau Terancam ke Pengadilan

Jumat, 10 Agustus 2012


PEKANBARU-Direktorat Jenderal Pajak mengancam akan membawa dua perusahaan yang berdomisili di Provinsi Riau ke Pengadilan, karena terus menerus menunggak pajak. Sebenarnya ada tiga perusahaan yang sebelumnya membandel menunggak pajak, namun hanya satu perusahaan yang akhirnya bersedia mentaati hukum.

"Proses kasus penunggakan pajak ini sudah lama. Kami terus meminta mereka membayar, sampai kami putuskan untuk membawa dua perusahaan tersebut ke Pengadilan," kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau-Kepri, Nirwan Tjipto di Pekanbaru, Jumat (10/8).

Dikatakan, pihaknya akan melaporkan kedua perusahaan tersebut ke polisi Oktober nanti. Nirwan masih merahasiakan identitas kedua perusahaan penunggak pajak tersebut, karena lebih mengedepankan kode etik. Namun dia memberikan bocoran, kedua perusahaan itu bergerak di sektor ekspor impor.

Tahun ini, jumlah tunggakan pajak di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau mencapai Rp840 miliar. Selama 2011, Kanwil DJP Riau-Kepri telah mencairkan tunggakan dari wajib pajak (WP) sekitar Rp860 miliar. Jumlah itu melampaui target penyelesaian tunggakan pajak pada 2011 yang dipatok Rp622 miliar.

Pada periode itu pencapaian pencairan tunggakan pajak hingga 138 persen. Tunggakan yang tersisa sekitar Rp840 miliar merupakan gabungan dari tunggakan WP pribadi dan WP badan. Penerimaan pajak dari Riau sendiri pada 2011 mencapai Rp9,156 triliun. Jumlah itu hanya 88,48 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp10,347 triliun. Meski begitu, penerimaan pajak Riau telah mengalami pertumbuhan positif 16,13 persen dibandingkan tahun 2010.

Untuk 2012, target penerimaan pajak di Riau mencapai Rp11,06 triliun atau naik 7 persen dari tahun sebelumnya. Rasio kepatuhan WP yang ditetapkan di Riau pada tahun ini mencapai 62,5 persen. (ant)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus