Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Dua TKA China Segera Dideportasi, Ternyata Sudah Sebulan Bekerja Tanpa Izin di PT MGT Dumai

Minggu, 27 Mei 2018

Petugas Imigrasi Dumai memeriksa dua TKA asal China. (Foto:Tribunpekanbaru)

DUMAI-Kantor Imigrasi Dumai segera mendeportasi dua Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal kembali ke China. Kedua TKA itu kedapatan bekerja di areal PT Mega Green Technology (MGT) Dumai, Kamis (24/5/2018) kemarin.

Saat ini, keduanya sudah diamankan. Mereka diduga menyalahi izin tinggal dengan bekerja di areal perusahaan pengolah limbah B3 tersebut. Keduanya bahkan sudah sebulan berada di Dumai untuk bekerja.

"Mereka sejak April 2018 berada di Kota Dumai. Sesuai catatan perjalanannya, mereka masuk melalui Batam dari Singapura," ujar Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi atau Wasdakim Kantor Imigrasi Dumai Rangga Putra Yudha, Sabtu (26/5/2018).

Menurutnya, Imigrasi masih melakukan pemeriksaan terhadap keduanya. Mereka hanya jalani pemeriksaan secara maraton tanpa penahanan di Ruang Detensi Imigrasi Dumai. Petugas juga memeriksa paspor dan visa bisnis D-212 milik keduanya. "Kami bakal rampungkan pemeriksaan secapatnya. Sebab ada rencana pemulangan terhadap kedua TKA ke negaranya," urainya.

Rangga menegaskan, perusahaan sebagai penanggung jawab atau pemberi kerja harus melaporkan keberadaan TKA di areal perusahaan. Pihak perusahaan yang tidak melaporkan keberadaan TKA bisa saja terjerat sanksi sesuai Undang-Undang No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Manajemen PT MGT diduga mempekerjakan empat orang Tenaga Kerja Asing (TKA) di areal perusahaannya. Namun, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) ini hanya melaporkan dua TKA kepada pihak Imigrasi Dumai.

Dua orang mengantongi Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Dua orang lagi yakni TKA asal Cina bekerja secara ilegal atau tanpa izin resmi sehingga diamankan oleh Imigrasi Dumai, Kamis kemarin. (*)
 
 
 

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus