Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Properti

Dukung Program Sejuta Rumah, PT SMF Gandeng BRK Kerjasama Refinancing KPR

Selasa, 01 Maret 2016

Dirut BRK Irvandi Gustari menyerahan plakat kepada Dirut PT SMF Raharjo Adisusanto. (Foto:BRK)

PEKANBARU-Bank Riau Kepri (BRK) menggandeng PT Sarana Multigriya Financial (PT SMF) dalam merealisasikan program sejuta rumah di Riau. Kerjasama tersebut diujudkan dengan penandatanganan kesepakatan Refinancing KPR antara Direktur Utama PT SMF, Raharjo Adisusanto dengan Direktur Utama BRK, DR Irvandi Gustari di menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Senin (29/2/2016).

“Masyarakat di Indonesia setiap tahunnya membutuhkan sekitar 900.000 rumah. Namun mereka yang mampu membeli rumah hanya sekitar 25 persen saja. Banyak kendala yang dihadapi masyarakat dalam memiliki rumah, salah satunya menyangkut pembiayaan," kata Direktur Utama PT SMF, Raharjo Adisusanto usai penandatangan kesepatakan. 

Dikatakan, PT SMF hadir sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah naungan Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN untuk mengemban misi mengalirkan dana dari pasar modal kepada penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tujuannya untuk menambah percepatan volume KPR di Indonesia, sehingga terjangkau oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah. 

Untuk itulah, PT SMF melakukan Kegiatan pengaliran dana dengan dua cara, memfasilitasi program sekuritisasi bagi penyalur KPR dan menyediakan fasilitas pembiayaan kepada penyalur KPR dengan sumber dana dari penerbitan surat utang.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari menyampaikan terima kasih, karena telah dipercaya PT SMF kerjasama dalam refinancig KPR. Hal itu merupakan peluang bisnis untuk mewujudkan visi dan misi Bank Riau Kepri menjadi tuan rumah di Riau dan Kepulauan Riau. 

Dikatakan, kerjasama dengan PT SMF merupakan kerjasama yang cepat ditangkap Bank Riau Kepri di antara BPD lainnya. “Semoga kerjasama berjalan lancar kedepannya dan juga akan terus berlanjut” ujar Irvandi.

Kerjasama antara Bank Riau Kepri dan PT SMF mencapai Rp 190 miliar untuk refinancing atas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang telah disalurkan Bank Riau Kepri. Sampai akhir 2015, jumlah debitur kredit Kepemilikan Rumah Bank Riau Kepri sebanyak 4.314 debitur dengan baki debet penyaluran sebesar Rp 462,782 miliar dan ini dilakuklan untuk mendukung program pemerintah sejuta rumah.

“PT SMF akan mendukung pendanaan bagi peningkatan volume KPR yang berkualitas. Selain itu, PT SMF akan memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Bank Riau Kepri melalui pelatihan dalam rangka meningkatkan volume KPR yang berkualitas dan program pendampingan pembentukan unit KPR serta Pengembangan produk KPR yang mendukung program pemerintah dengan peruntukkan kepada masyarakat yang memenuhi persyarat dalam program sejuta rumah,” ujar Irvandi.

Pada penandatanganan kerjasama tersebut, hadir juga Senior Vice President PT SMF Sid Kusuma dan rombongan, kemudian dari Bank Riau Kepri tampak Direktur Kredit dan Syariah Afrial Abdullah, Pemimpin Divisi Konsumer dan Mikro Azwizar Hendri, Pemimpin Divisi Operasional Heppi Wardono, Pemimpin Divisi Tresury dan Internasional Andi Mulya dan beberapa Pemimpin Bagian dan Staff dari Divisi terkait dan Notaris Pupung Mulyantini. (*/bsh)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus