Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Efisiensi Birokrasi Solusi Kurangi Beban Negara

Sabtu, 25 Agustus 2012


JAKARTA-Syarat untuk bisa menjaga belanja pegawai tidak menjadi beban belanja negara adalah dengan melakukan efisiensi birokrasi. Penanganan pensiun, menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan. Namun beban pensiun pegawai negeri sipil akan semakin membengkak, bila pemerintah tidak merampingkan organisasi birokrasi. 

"Efisinesi birokrasi kuncinya. Pensiun tidak akan memberatkan anggaran belanja pegawai kalau jumlahnya tidak sebesar itu," papar Ekonom Center for Information and Development Studies, Umar Juoro di Jakarta, Jumat (24/8). 

Saat ini, jumlah pegawai dan kenaikan gaji tidak sebanding dengan produktivitas mereka. Semestinya, pemerintah bisa lebih selektif dalam merekrut pegawai yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan jumlah pegawai yang sedikit, menurut Umar, gaji individual juga bisa ditingkatkan sesuai standar pasar. "Yang diuntungkan bukan hanya anggaran, tapi pelayanan publik yang lebih bagus. Korupsi juga akan lebih tertangani," katanya. 

Mengenai pengelolaan dana pensiun, pola pembiayaan dari APBN seperti yang diterapkan pemerintah saat ini masih bisa dipertahankan. Namun jika jumlah pegawai terus bertambah, beban akan semakin berat. 

Salah satu pola yang bisa dilakukan, menurut Umar, adalah dengan mengalihkan dana pensiun dari APBN menjadi dipotong langsung dari gaji pegawai. "Jadi you pay as you go. Di pemerintah selama ini sudah ada, tapi tidak memadai. Akhirnya lebih banyak menggunakan anggaran khusus pensiun," tukasnya. 

Membengkak
Disisi lain, jumlah pegawai di daerah disinyalir terus membengkak, terutama setelah penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah. "Tim sukses setiap kandidat dalam pemilu kada dijadikan pegawai yang akhirnya menjadi beban negara. Konsep ini perlu ditata ulang," papar Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio. 

Menurutnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi harus menghitung kebutuhan pegawai yang akan direkrut. Pemerintah, bisa mengurangi kegemukan birokrasi dengan meminta pegawai dengan kinerja tidak cukup baik untuk pensiun dini. 

Namun Agus mengingatkan, pensiun dini akan menambah beban anggaran pegawai. "Cadangan dana awal untuk golden shake hand tidak kecil. Tetapi ke depannya, beban akan berkurang," katanya. (mic)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus