Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Enam Desa di Inhu Terima Kucuran Dana Pusat

Kamis, 20 September 2012


RENGAT-Enam desa di Kabupaten Indragiri Hulu, menerima kucuran dana bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Setiap desa memperoleh bantuan senilai Rp275 juta melalui Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP).

Keenam desa yang menerima bantuan tersebut adalah Desa Seberida di Kecamatan Bangtang Gansal, Desa Kuantan Tenang yang berada di Kecamatan Rakit Kulim, Desa Lambang Sari di Kecamatan Lirik, Desa Kuala Cenaku di Kecamatan Kuala Cenaku, Desa Rawa Skip terletak di Kecamatan Kuala cenaku dan Desa Rawa Asri di Kecamatan Kuala Cenaku.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Indragiri Hulu, Asmara HK menjelaskan, PPIP merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pembangunan tingkat desa. Dimana bantuan yang sekarang diterima enam desa di Inhu tidak terlepas dari perjuangan dan usulan Bupati Inhu, Yopi Arianto.

"Sistem pengolahan anggaran diserahkan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat desa bersangkutan. Dimana anggarannya bisa digunakan untuk pembangunan fisik infrastruktur desa, seperti jalan desa, jembatan, dermaga desa atau bangunan lainnya. Yang jelas, dana tersebut tidak dikucurkan dalam bentuk uang yang bisa digunakan masyarakat sebagai pinjaman lunak," papar Asmara, Rabu (19/9).

Dikatakan, pengunaan dana untuk pembangunan insfratruktur masing-masing desa akan tetap diawasi instansi terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Kementerian Pekerjaan Umum. "Kita berharap, masing-masing desa bisa menggunakan anggaran tersebut untuk membangun insfratruktur sesuai kebutuhan desa. Dengan demikian, diharapkan bantuan yang diterima bisa dinikmati masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya," kata Asmara. (jef/mtr)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus