Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Fakta Atau Mitos? Potongan Bawang Merah Bisa Serap Virus Corona

Kamis, 26 Maret 2020

Irisan bawang merah. (Foto:Liputan6.com)

PEKANBARU-Informasi lawas menyebut soal bawang merah yang dikupas dan bisa menyerap kuman atau virus. Salah satunya diunggah kembali akun facebook Cinta Bella. Dalam unggahan tersebut, akun itu mengklaim, bawang merah yang dikupas lalu ditaruh di mangkuk dan diletakkan di kamar tidur dan ruang keluarga.

Virus yang disedot diklaim akan masuk ke intra sel dan dicerna dalam vakuola dan dibunuh. Narasi ini ditambahkan dengan cerita ada keluarga di China yang sama sekali tak terinfeksi corona covid-19. Sebabnya, karena mereka rutin menaruh bawang kupas di tiap kamar rumah.

Verifikasi Fakta
Mengutip laman cekfakta.com, tahun 2009, situs pemeriksa fakta luar negeri snopes.com membantah asumsi bawang kupas dapat menyerap virus. Disebutkan, justru bawang itu tidak akan melawan virus flu.

Klaim potongan bawang merah mampu menyerap dan menghancurkan virus dan bakteri adalah salah. Hanya saja ini memang telah menjadi kepercayaan tradisional sejak lama, tanpa didukung aspek ilmiah.

Lalu, National Onion Association (NOA), organisasi yang mewakili petani, pedagang, eksporter dan importer bawang merah di Amerika Serikat dalam lamannya membantah potongan bawang merah bisa menyerap kuman hanya mitos.

"Tak ada bukti ilmiah bawang merah mentah yang dipotong bisa menyerap kuman atau meredakan udara dari racun," tulis artikel dalam laman itu.

Kemudian artikel di The Wall Street Journal dengan judul "Home Flu Cures: Bad Medicine?" menyebut, tak ada satu pun ahli biologi menyatakan bawang dapat menarik virus seperti perangkap penangkap lalat. (*)


 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus