Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Faktor Ekonomi, Warga Pekanbaru Memilih Rekreasi dan Wisata Dalam Kota

Minggu, 31 Desember 2017

Tempat Rekreasi dan Wisata Alam Mayang.(Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Kunjungan masyarakat ke tempat rekreasi dan wisata di Kota Pekanbaru pada libur natal dan akhir tahun 2017, meningkat cukup signifikan. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi, salah satunya faktor ekonomi.

Pengelola tempat rekreasi dan wisata Alam Mayang, Mas Yono kepada FokusRiau.Com menjelaskan, meningkatnya angka kunjungan warga ke tempat-tempat rekreasi yang ada di Pekanbaru ini disebabkan faktor ekonomi masyarakat yang belakangan cukup sulit, sehingga lebih memilih berlibur ke tempat rekreasi terdekat dan terjangkau.

Seperti Alam Mayang, pada libur kemarin yang mengunjungi tempat rekreasi favorit di Pekanbaru ini lebih didominasi masyarakat menengah ke bawah. 

"Jika berlibur ke luar daerah seperti Sumatra Barat, tentu harus menyiapkan dana yang cukup banyak. Kalau berlibur di tempat rekreasi dalam kota, tentu biayanya lebih terjangkau," kata Mas Yono.

Faktor lainnya adalah masa libur yang singkat. Pada cuti bersama Natal beberapa hari, tentu tidak cukup untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Lagi-lagi masyarakat lebih memilih untuk berlibur ke tempat rekreasi di dalam kota.

Faktor cuaca yang tak bersahabat juga menjadi pertimbangan warga Pekanbaru untuk tidak menghabiskan liburan singkat ke luar kota. Di musim penghujan seperti akhir saat ini, warga berpikir dua kali untuk melakukan perjalanan jauh.

Adapun hal yang tidak tidak dapat dihindarkan seiring berkembangnya suatu kota adalahkebutuhan akan tempat wisata dan rekreasi keluarga. 

Lonjakan pengunjung pada tempat-tempat wisata ini lebih terlihat pada saat libur cuti bersama, seperti libur Natal kemarin dan pada 31 Desember dan 1 Januari besok. Jika menjelang libur saat ini sudah terlihat ramai, maka puncaknya pada tanggal 31 Desember dan 1 Januari akan lebih ramai lagi.

Menanti detik-detik pergantian tahun baru 2018, malam ini Alam Mayang kembali menggelar acara tahunan. Kali ini mengangkat tema Happy and Charity (Bergembira dan Beramal).

Jika di tahun sebelumnya panitia mengundang dan menghadirkan artis-artis dan band, kali ini panitia menggantinya dengan meberikan doorprize bagi pengunjung. "Ada kulkas, ricecooker, kipas angin dan lain sebagainya. Tahun ini kita berikan sesuatu yang berkesan untuk pengunjung, sesuai tema bergembira dan beramal" papar Mas Yono yang juga dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata di Riau ini.

Dijadwalkan malam ini pihak Alam Mayang akan menggelar acara hingga pukul 00.30 WIB. Pesta kembang api yang sudah disiapkan panitia akan menyemarakan pergantian tahun 2017 ke tahun 2018 di Alam Mayang malam ini.(andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus